Peraturan Dasar Bangunan yang Harus Anda Ketahui

image

Propertinews.id, Tangerang – Membangun sebuah bangunan tidak boleh hanya mempertimbangkan kualitas dan mutu bangunan saja. Anda juga harus memperhatikan berbagai izin dan aturan yang berlaku, agar bangunan Anda dapat terbentuk secara legal dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun ke depan.

Pada dasarnya, bangunan mempunyai beragam aturan yang harus Anda patuhi. Peraturan-peraturan ini memang sengaja dibentuk demi keamanan dan kenyamanan gedung Anda sendiri, sehingga sangat wajib untuk Anda pahami terlebih dahulu sebelum membangun bangunan.

Berikut adalah peraturan-peraturan dasar untuk bangunan:

1.     Ketinggian Bangunan (KB)

Merupakan jenis peraturan yang memuat tentang tinggi maksimum suatu bangunan. Umumnya, peraturan ini diterapkan pada bangunan-bangunan yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti rumah sakit atau bandara.

2.    Koefisien Tapak Basemen (KTB)

KTB adalah jenis aturan yang membahas perbandingan luas tapak basemen dengan luas lahan yang dimiliki. Aturan ini hanya diberlakukan pada bangunan yang memiliki basemen.

3.    Koefisien Dasar Bangunan (KDB)

Aturan KDB mungkin menjadi aturan paling dasar yang sering Anda temui. Peraturan ini berisi ketentuan tentang perbandingan antara luas seluruh lantai dasar bangunan dengan luas area lahan yang dimiliki. Aturan ini sering dijadikan sebagai patokan terkait perizinan bangunan yang akan dibangun di lahan tersebut.

4.    Koefisien Daerah Hijau (KDH)

KDH adalah peraturan yang membahas tentang luas seluruh daerah ruang terbuka di luar bangunan yang akan digunakan untuk penghijauan. Aturan ini umumnya diberlakukan pada bangunan yang ingin memiliki ruang terbuka hijau atau lahan tambahan untuk tanaman.

5.    Garis Sempadan Banguanan (GSB)

GSB merupakan perhitungan jarak bebas minimum bangunan yang telah mendapatkan ijin. Terkhusus untuk bangunan yang memiliki letak dengan jalanan atau sungai, aturan ini sangat berguna untuk mengatur jarak agar bangunan dapat berdiri aman.

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo