Saatnya Jualan Properti dengan Strategi Digital Marketing

image

Propertinews.id, TangerangSaat ini, pengguna internet di Indonesia telah tumbuh hingga 175,4 Juta dengan pertumbuhan hingga 12% setiap tahunnya. Ini artinya, pengguna internet merupakan mayoritas penduduk Indonesia. Besarnya pengguna dan pesatnya pertumbuhan tersebut harus dimanfaatkan oleh pelaku industri properti. Bagaiamana cara memanfaatkannya? Jawabannya adalah melalui digital marketing.

Apalagi di tengah pandemi saat orang-orang enggan keluar untuk menghadiri keramaian seperti pameran properti, maka Anda harus memutar otak menemukan cara bagaimana meraih calon konsumen yang seperti ini.

Untuk menjawab permasalah tersebut, Anda harus mulai memanfaatkan strategi digital marketing. Kelebihan strategi ini adalah tidak diperlukannya kontak fisik namun efektivitas dari strategi ini sama efektifnya dengan strategi pemasaran konvensional lainnya.

baca juga: ingin menjual properti melalui social media? begini caranya

Keefektifan strategi digital marketing untuk properti tercermin dari meningkatnya jumlah traffic pada website dan portal properti selama 4 bulan kebelakang. Seperti yang diungkapkan Client Partner Google Indonesia, jumlah pencarian untuk kata kunci “rumah “ selama bulan April hingga Juni meningkat hingga 78%. Kemudian, Lamudi mencatat kenaikan traffic ke portal properti selama bulan yang sama meningkat hingga 69% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

Dalam analisis Google Trend pun, traffic kata kunci “rumah di Bekasi” meningkat tajam selama bulan Juli lalu. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Managing Director Mart Polman mengatakan bahwa hal ini mungkin berkaitan dengan kebijakan relaksasi kredit yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Para konsumen properti mulai melirik properti incaran mereka karena kondisi pasar melemah dan harga stagnan cenderung murah.

Kesempatan ini lah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis properti untuk merambah dunia digital dan mengamankan pasar digital yang besar di Indonesia. Berbagai strategi digital marketing dapat diaplikasikan mulai dari strategi media sosial, email, hingga affiliate marketing.

Namun apa saja strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis Properti, teruatama para agen properti yang harus mulai memanfaatkan platform digital? Simak selengkapnya di sini.

Jual Properti di Media Sosial

Pengguna media sosial menempati angka 80% dari total pengguna Internet di Indonesia. Penetrasi media sosial pun sangat tajam karena pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia berada pada angka 22% paling tinggi ke 3 di dunia setelah India. Hal ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi pelaku industri properti yang ingin memanfaatkan media sosial sebagai sarana jualan propertinya. Dalam sebuah studi bahkan dikatakan bahwa 90% millennial yang mencari properti dimulai dari media sosial. Dengan memiliki media sosial sebagai platform jualan properti Anda bisa mendapatkan calon pembeli potensial dari media sosial.

Banyak media sosial yang dapatdimanfaatkan untuk berjualan properti. Salah satu media sosial yang paling populer digunakan untuk berjualan properti adalah Facebook dan Instagram. Kedua platform media sosial ini sangat cocok digunakan karena memiliki jumlah pengguna yang besar berusia 14 hingga 55 tahun. Usia tersebut merupakan usia pembeli ideal properti.

Jual Properti dengan Website

Salah satu platform digital marketing lain yang dapat dimanfaatkan untuk jualan properti adalah website. Keberadaan website sangat penting bagi kredibilitas sebuah pengembang dan seorang pelaku bisnis properti. Sebuah studi yang dilakukan oleh Marketwatch mengemukakan bahwa pelaku bisnis properti yang memanfaatkan website memiliki 34% tingkat penjualan daripada pelaku properti yang tidak menggunakan website. Dengan keberadaan website tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnis Anda namun juga meningkatkan keputusan pembelian calon konsumen pada propeti Anda. Jadi lengkapilah strategi digital Anda dengan website resmi.

Manfaatkan Email Marketing

Salah satu strategi digital marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis properti adalah email marketing. Melalui email marketing, Anda dapat membagikan berbagai berita terbaru mengenai bisnis Anda langsung ke pelanggan. Salah satu keuntungan dari email marketing adalah Anda memiliki target audiens yang siap menjadi konsumen Anda apabila didekati dengan baik. Oleh karena itu, manfaatkan email marketing sebagai salah stau strategi andalan Anda.

Blog Merupakan Cara Terbaik untuk Menarik Minat Calon Konsumen

Selain menggunakan media sosial, website, dan email marketing, blog merupakan cara terbaik bagi Anda untuk menumbuhkan loyalitas calon konsumen properti Anda. Dengan adanya Blog, maka website Anda akan mendapatkan visibilitas tinggi karena teroptimasi mesin pencari. Selain itu, konten Blog juga dapat digabungkan menjadi konten email marketing dan media sosial. Sehingga fleksibilitas strategi digital marketing satu ini bisa sangat tinggi. Selain itu, karena teroptimasi oleh SEO, maka website Anda akan muncul di halaman pencarian Google dalam beberapa kata kunci. Studi yang dilakukan marketwatch mengatakan bahwa website yang muncul di hasil halaman pencarian Google lebih dari 4 kali untuk kata kunci berbeda akan mendapatkan 75% traffic dan kepercayaan calon konsumen.

Jadi manfaatkan strategi digital marketing untuk penjualan properti. Strategi ini selain lebih praktis digunakan juga mendatangkan hasil yang lebih efektif dibandingkan Anda menghabiskan tenaga dan waktu untuk melaksanakan pameran properti di tengah pandemi seperti saat ini. (ADR).

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo