Strategi Jitu Agar Cicilan KPR Anda Cepat Lunas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin miliki rumah namun tak punya dana besar untuk membeli secara tunai. KPR juga memiliki tenor cicilan yang bermacam-macam. Umumnya, banyak yang mengambil masa cicilan 15 – 20 tahun. Waktu tersebut dianggap cukup lama untuk melunasi cicilan rumah saja.

Jika Anda ingin melunasi cicilan KPR dengan cepat agar tak ada beban nantinya di masa yang akan datang, berikut ini kami sediakan strategi untuk Anda. 

Mengurangi Sisa Pokok KPR

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan apa yang disebut dengan “tabungan tetap”. Ini merupakan metode pelunasan dengan mengurangi pokok kredit sehingga berimplikasi pada porsi bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR. Tentu saja, ketika menerapkan ini Anda harus merelakan beberapa biaya hidup yang terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan cepat lunas.

Lakukan Over Kredit ke Bank Lain

Strategi selanjutnya adalah over kredit KPR atau pindah ke bank lain yang menawarkan bunga KPR lebih kecil. Umumnya, bunga take over memang cenderung lebih kecil dibandingkan bunga KPR yang sedang Anda jalani. Hal ini disebabkan karena Anda otomatis menjadi nasabah baru sehingga suku bunga yang dikenakan adalah fixed rate. Proses pengajuan over kredit sama dengan ketika Anda mengajukan KPR pertama kali. Artinya, ada sejumlah biaya yang dikenakan, sama seperti Anda mengurus KPR di bank sebelumnya. Jangan lupa juga bahwa ketika Anda pindah KPR ke bank lain, ada biaya penalti yang akan dikenakan oleh bank sebelumnya sebesar 2-5% dari sisa pinjaman.

Memaksimalkan Uang Muka (DP)

Cara ideal dalam membeli rumah adalah dengan membeli secara tunai 100% tanpa mengangsurnya. Namun, untuk di zaman sekarang rasanya memang sedikit sulit jika membeli rumah secara tunai. Apa bila tidak memungkinkan dan harus melakukan dengan cara kredit, usahakan membayar uang muka atau DP sebesar-besarnya, agar beban angsuran perbulannya tidak terlalu besar dan memberatkan Anda dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga Anda dapat melunasi KPR lebih cepat dan aman.

Akali dengan Tabungan dan Obligasi

Jika Anda memiliki sejumlah simpanan menganggur yang bisa diinvestasikan ke produk obligasi, maka Anda bisa melakukan pillihan ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Obligasi Ritel Indonesia atau Sukuk memiliki tingkat bunga dan bagi hasil yang lebih besar daripada bunga tabunga dan persentasenya berada di atas nilai inflasi tahunan.

Bayangkan jika Anda memiliki uang yang ditanamkan di Sukuk sebesar Rp20.000.000 dengan imbalan 7% per tahun selama 3 tahun maka yang akan didapatkan adalah Rp20.000.000 x 7% +Rp1.400.000/tahun, dan selama 3 tahun akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp4.200.000.

Jika Anda memiliki dana menganggur lebih besar itu lebih baik lagi. Anda bisa mengombinasikan hasil dari obligasi dengan tabungan tetap per bulan. Jika jatuh tempo obligasi sudah sampai Anda bisa mencairkan obligasi tersebut bersama bagi hasilnya, gabungkan dengan tabungan tetap Anda untuk melunasi KPR lebih cepat.

Manfaatkan Skema Cicilan Ekstra

Beberapa bank menawarkan fasilitas cicilan ekstra untuk nasabah KPR. Program cicilan ini adalah program tambahan yang memiliki mekanisme yang berada dari porgram KPR sebelumnya. Layanan satu ini diadakan bank untuk mengurangi sisa pokok cicilan KPR, atau pengurangan lamanya periode jatuh tempo KPR. Namun perlu diketahui ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus diikuti jika Anda mau mengikuti program ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo