Tips Berkebun di Rumah, Aktivitas Seru yang Produktif

image

Siapa nih yang suka berkebun? Meskipun lahan di rumah kecil, kita tetap bisa memanfaatkan taman untuk berkebun, lho. Dengan perencanaan yang baik dan teknik yang tepat, Anda bisa membuat kebun meski ruang terbatas. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

Rencanakan dengan Matang

Sebelum mulai berkebun, sebaiknya buatlah perencanaan terlebih dahulu untuk kebun Anda. Tentukan jenis tanaman yang ingin Anda tanam, pertimbangkan faktor cahaya matahari, dan pilih tanaman yang sesuai dengan iklim atau musim. Anda bisa memilih untuk menanam tanaman sayur atau buah di kebun rumah. Kombinasikan tanaman yang seimbang untuk ciptakan ekosistem kebun yang seimbang.

Manfaatkan Kompos dan Pupuk Organik

Agar lebih subur, Anda bisa menggunakan kompos dan pupuk organik. Jika Anda memiliki lahan dan waktu yang lebih longgar, Anda juga bisa mencoba untuk membuat kompos sendiri agar limbah dapur bisa lebih bermanfaat loh. Pupuk kompos dan pupuk organik dapat menutrisi tanah lebih baik. Tentunya tanaman jadi lebih subur deh.

Desain Kebun Vertikal

Jika lahan yang ada kurang memadai untuk dibuat berkebun, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan desain kebun secara vertikal loh. Anda bisa mulai untuk membuat kebun vertikal. Gunakan pipa-pipa yang telah diberi ruang untuk menaruh tanah yang memang dikhususkan untuk berkebun. Anda juga bisa menanam secara hidroponik untuk tanaman sayur yang produktif. Tidak hanya menghemat ruang, cara ini juga dapat menambah nilai estetik rumah lho.

Usir Hama Secara Organik

Pastinya nggak mau dong tanaman hasil sendiri tapi mengandung pestisida? Sebaiknya gunakanlah tanaman pengusir hama atau serangga agar tidak menggunakan pestisida. Jika tidak ingin menanam tanaman pengusir hama, anda juga bisa menggunakan pestisida alami buatan sendiri loh sebagai gantinya. Anda bisa menggunakan campuran ekstrak bawang putih dengan minyak sayur. Semprotkan ke tanaman yang terkena hama untuk mengusirnya. Mudah dan aman kan?

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat kebun mini yang efisien dan produktif di rumah. Berkebun di lahan terbatas dapat menjadi pengalaman yang memuaskan dan memberikan manfaat bagi lingkungan serta kesehatan Anda. Jadi, kapan nih mau coba berkebun di rumah?

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo