Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Properti Anda

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bagi Anda yang memiliki aset properti seperti rumah, ruko, apartemen, dan harta benda lainnya, sangat penting bagi Anda untuk memiliki asuransi properti. Karena Anda tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada aset properti Anda tersebut, seperti kebakaran.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasa perlindungan pada properti. Semua berlomba-lomba menawarkan produk mereka dengan promosi-promosi yang cukup menggiurkan.

Namun dalam mencari asuransi untuk properti, Anda tetap harus pintar-pintar dalam memilih. Pemilihan asuransi properti akan erat kaitannya dengan masa depan. Jadi, pertimbangan yang matang sangat dibutuhkan. Jangan sampai nantinya malah membuat Anda rugi di kemudian hari.

Nah berikut ini kami berikan kepada Anda tips dalam memilih asuransi properti, agar Anda tidak keliru.

Cari Tahu Harga Properti Anda

Ketika Anda akan membeli asuransi properti, Anda akan diminta mengisi kolom harga aset Anda. Berapa harga rumah Anda, berapa harga barang-barang di dalamnya, dan lain sebagainya. Jadi, sebelum membeli asuransi, pastikan Anda sudah tahu harga dari properti yang Anda miliki.

Rekam Jejak Perusahaan

Anda perlu mengetahui rekam jejak atau track record dari perusahaan asuransi yang Anda pilih. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari teman atau rekan yang pernah menggunakan perusahaan asuransi tersebut. Atau Anda juga bisa memilih perusahaan asuransi yang sudah lama berdiri, karena biasanya perusahaan tersebut akan lebih terpercaya dalam menangani klien.

Perhatikan Soal Premi

Kebijakan penentuan besaran premi tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Umumnya, besaran premi ditentukan juga oleh lokasi dan penggunaan bangunan. Misalnya, untuk rumah tinggal, akan dilihat berapa banyak penghuni yang tinggal di dalamnya, rekam jejak lokasi rumah seperti catatan soal banjir, tingkat tindak kriminal pencurian, dan lainnya.

Selain itu, faktor lainnya yang menentukan ialah kualitas bangunan. Biasanya dalam asuransi properti ada tiga kelas bangunan. Pertama, bangunan tahan api. Kedua, relatif tahan api. Dan ketiga bangunan yang rentan terbakar. Besaran premi dari masing-masing kelas itu berbeda.

Perhatikan Proses Klaim

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki peraturan dan proses klain yang berbeda. Nah, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu lebih detail tentang klaim asuransi dan dokumen apa sajakah yang diperlukan untuk klaim tersebut.

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Jika Anda masih ragu mengenai keputusan membeli asuransi yang tepat, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan agen penjualnya. Agen penjual asuransi properti memiliki gelar sertifikasi AAAIK (Ajun Ahli Asuransi Kerugian) atau AAIK (Ahli Asuransi Kerugian). (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo