Tips Mengatur Keuangan di Masa Muda agar Bisa Beli Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Membeli dan memiliki rumah sendiri adalah keinginan banyak orang, hal ini dikarenakan rumah menjadi kebutuhan primer manusia. Namun harga yang terus menjulang tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk membeli rumah yang diinginkan. Alih-alih membeli rumah, kebanyakan orang malah memilih untuk mengontrak rumah.

Jika Anda adalah seorang milenial dan ingin membeli rumah di masa mendatang, ada baiknya untuk mulai mengatur keuangan di masa muda ini. Jika kesulitan untuk mengatur keuangan, maka berikut ini kami berikan beberapa tips nya untuk Anda!

Buat Budget Harian, Mingguan, Bulanan

Meski hal ini terkesan simpel untuk dilakukan, namun pada kenyataannya tidak banyak orang yang sungguh-sungguh membuat budget untuk mengatur keuangannya secara lebih baik. Cobalah untuk menerapkan hal ini untuk mengatur budget uang yang Anda keluarkan. Contohnya, jika Anda memiliki gaji Rp6 juta, dan Anda ingin menabung sebesar Rp2 juta setiap bulannya, maka Anda dapat menggunakan Rp4 juta lainnya untuk memenuhi biaya hidup.

Belajar untuk Membatasi Pembelian

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan belajar untuk tidak terburu-buru dalam membeli sesuatu. Pikirkanlah secara matang apakah hal yang akan Anda beli bisa mempunyai sebuah nilai ekonomis dalam jangka panjang atau hanya sekedar keinginan kosong belaka.

Catat Pengeluaran Sekecil Apapun

Hal ini penting untuk dilakukan saat akan membelanjakan uang gaji. Catat setiap detail pengeluaran. Meski sederhana, dengan selalu mencatat segala pengeluaran bisa membantu Anda dari hidup boros. Banyak orang menganggap membelanjakan uang receh mereka saat akhir pekan, justru salah! Uang receh yang tanpa sengaja Anda kumpulkan dari hasil kembalian bisa menjadi harta karun buat ke depannya.

Manfaatkan Diskon dan Promo yang Ada

Banyak bisnis yang saat ini berlomba-lomba untuk memberikan promo atau diskon menarik bagi pelanggannya. Nah, Anda sebagai konsumen bisa secara pintar dan bijak dalam memanfaatkan kesempatan yang ada. Manfaatkan setiap diskon yang diberikan oleh berbagai tipe produk. Untuk mengetahui produk apakah yang sedang dalam program diskon, Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi belanja.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit bukanlah sebuah bantuan untuk membeli hal yang tidak diperlukan. Manfaatkan kartu kredit hanya untuk berbagai kebutuhan yang mendesak saja seperti ketika harus masuk ke rumah sakit atau berbelanja kebutuhan pokok apabila keuangan benar – benar sudah mepet. Carilah kartu kredit yang menawarkan bunga 0% agar tagihan tidak menjadi besar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo