Wacana Pemindahan Ibu Kota, Dirasa Belum Tepat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kabar pemindahan Ibu Kota Indonesia oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah terdengar sejak lama. Namun wacana itu dirasa kurang tepat, karena masih banyak kota-kota kecil di luar jawa yang butuh pemerataan.

Anggaran yang sangat besar untuk memindahkan ibu kota lebih baik untuk menyelesaikan permsalahan kota-kota di Indonesia agar dapat setara dan mendukung Jakarta. 

Nirwono Joga, pakar tata kota Universitas Trisakti berpendapat, pemerintah sebenarnya bisa menerapkan distribusi yang merata, seperti kegiatan-kegiatan pemerintahan yang cocok dengan masing-masing potensi di setiap kota. 

Menurut Nirwono, dana untuk pemindahan Ibu Kota sangat besar, dan disayangkan apabila hanya diserap untuk pemindahan ibu kota, yang menurutnya dapat digunakan untuk pusat pengembangan kota seperti, Bandung yang dijadikan pengembangan teknologi dan Yogyakarta yang menjadi pusat seni budaya, serta Surabaya yang dapat dijadikan sebagai pusat kemaritiman. 

Pun juga Nirwono berpendapat bahwa banyak kota-kota di Indonesia yang masih butuh dukungan pemerintah secara penuh dengan dukungan anggaran. Sehingga kota-kota yang tadinya tidak menonjol dan biasa saja, dapat menjadi kota maju bertaraf internasional. (LW) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo