Inspirasi Cara Membuat Rumah Pohon untuk Ruang Bermain Anda dengan si Kecil

image

PropertiNews.id, Tangerang – Beraktivitas bersama keluarga penuh petuangan menyenangkan dan dekat dengan alam pastinya akan menjadi momen yang tidak terlupakan. Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan bersama keluarga tanpa harus jauh-jauh melakukan perjalanan khususnya jika anda memiliki halaman luas. Membuat rumah pohon bisa membantu mengeksplorasi hal tersebut. Rumah pohon juga bisa mengembangkan sisi kreativitas mereka.

Namun, rumah pohon ternyata tidak bisa dibuat dengan perencanaan yang setengah-setengah. Pasalnya, Anda sebagai orang tua harus memastikan rumah pohon aman dan nyaman untuk digunakan. Inilah beberapa tips membuat rumah pohon yang bisa Anda tiru dan buat di halaman Anda.

Memilih Pohon yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan atau memilih pohon yang tepat. Pilih pohon yang besar, kokoh, dan cukup tinggi. Pastikan pohon yang Anda pilih tidak berdekatan dengan pohon lain yang menjadi penghalang. Pohon yang Anda pilih juga harus memiliki daun yang selalu tumbuh lebat dalam segala musim agar rumah yang Anda bangun bisa selalu nyaman ditempati kapanpun.

Memberi Tahu Dinas Tata Kota dan Tetangga

Sebelum memulai membangun, Anda harus meluangkan waktu untuk mencari tahu mengenai regulasi membangun rumah pohon di daerah tempat tinggal. Kunjungilah dinas tata kota untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu, meminta izin tetangga pun perlu dilakukan karena siapa tahu mereka keberatan dengan kebisingan katika rumah pohon dibangun. Terlebih, tetangga juga bisa saja keberatan dengan keberadaan rumah pohon karena mereka takut privasi mereka terganggu.

Buat Desain dan Konsep Rumah Pohon

Langkah selanjutnya adalah membuat desain dan konsep rumah dengan kondisi pohon. Perhitungkan besar, ukuran, dan tinggi rumah sesuai dengan kondisi pohon. Jika memang dirasa ada beberapa cabang yang mengangggu, Anda boleh memotong cabang tersebut. Namun, tetap pastikan pemotongan cabang tersebut tidak mempengaruhi kekuatan pohon.

Baca Juga : Inspirasi Desain Rumah Panggung dengan Gaya Modern

Ingat jangan mengandalkan kekuatan cabang atau batang utama saja. Jika Anda memang ingin membangun rumah pohon yang kuat dan kokoh, buat penahan beban atau konstruksi lain dari kayu. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa memilih bahan baja atau beton bertulang untuk konstruksi.

Memilih Material untuk Rumah Pohon

Memilih material yang bagus akan berpengaruh pada daya tahan rumah yang satu ini. Hal yang perlu dipastikan adalah material yang dipilih haruslah ringan namun kuat. Beberapa jenis material yang bisa dipilih meliputi bambu, kayu, dan baja ringan.

Tangga Akses dan Finishing

Setelah konstruksi selesai di pasang, buatlah tangga sebagai akses masuk. Tangga ini akan memudahkan proses pembangunan rumah pohon. Jika tangga sudah siap, lanjutkan dengan membauat lantai rumah dan baru memasang dinding serta atap sesuai dengan desain Anda.

Agar konstruksi rumah lebih kokoh, dukung dengan menggunakan lantai besi yang diikatkan dengan cabang pohon lain yang berdekatan. Rumah di pohon milik Anda pun siap ditempati.

Baca Juga : Bangun Rumah Anda dengan Material Bangunan yang Ramah Lingkungan

Sebenarnya rumah pohon tidak hanya menjadi sarana bersantai atau bermain bagi anak-anak saja. Rumah di atas pohon yang Anda bangun juga bisa menjadi ruang privasi sendiri untuk Anda dan anggota keluarga yang lain. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo