Musim Hujan Tiba, Ini Dia Tips Rumah Anti Bocor

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memasuki musim penghujan seperti saat ini, berbagai permasalahan dalam rumah kerap datang menghampiri. Seperti rumah yang bocor. Rumah bocor merupakan masalah yang cukup merepotkan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan maupun penanganan dini agar rumah Anda terhindar dari bocor.

Kemiringan Atap

Pada saat membangun rumah, kondisi atap sebainya dirancang dengan kemiringan 30-40 derajat. Kemiringan yang tepat merupakan salah satu cara menghindarkan air menggenang dan kebocoran. Kurangi sambungan atap karena sambungan ini memiliki potensi besar terjadinya bocor.

Pastikan Talang Air Tidak Tersumbat

Cek kondisi talang air dan bersihkan dari kotoran seperti daun, atau kotoran lain yang mengendap pada pipa talang air. Talang air yang tersumbat akan menghambat aliran air sehingga bisa menyebabkan kebocoran.

Perhatikan Bubungan Atap

Jika terdapat retak pada bubungan, berikan kawat kasa dan lapisi dengan cat anti air (waterproof). Jika retaknya besar, sebaiknya Anda membobolnya terlebih dahulu, baru memplesternya kembali bagian tersebut. Selain memperhatikan bagian yang retak, jangan lupa juga untuk menjaga agar plafon tidak lembab. Plafon yang lembab dapat menjadi lapuk dan roboh. Selain itu, kayu yang terpapar air karena bocoran air hujan juga menjadi tempat paling disukai rayap. Khusus untuk atap asbes, jangan lupa melapisi paku baut dengan karet dan dipelingkut di area pakunya. Dengan begitu air tidak rembes melalui celah lubang paku.

Perbaiki Atap yang Rusak

Silahkan periksa kondisi atap rumah Anda dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan rembes. Idealnya, kondisi genteng di atap rumah Anda berada dalam kondisi yang prima dan kokoh serta merekat secara kuat pada rangka agar tidak mudah lepas akibat angin kencang.

Pastikan kondisi atap rumah diperiksa secara rutin. Atap yang sudah mengalami kerusakan dapat mengakibatkan rembes dan bocor sehingga menganggu Anda yang sedang beristirahat.

Memangkas Pohon yang Tumbuh di Dekat Rumah

Keberadaan pohon di dekat rumah bisa membahayakan ketika terjadi badai. Ia bisa roboh karena tertiup angin dan menimpa rumah. Alhasil, rumah menjadi berlubang dan air hujan akan massuk.

Baca Juga : Contoh Ide Desain Pintu Berikut Ini, Untuk Percantik Tampilan Rumah Anda

Oleh karena itu, segera pangkas pohon yang ada di dekat rumah. Tidak perlu dipangkas secara keseluruhan. Cukup pangkas ranting-ranting tua yang rawan patah. Cara ini juga akan mengurangi beban pohon sehingga akarnya mampu menahan pohon untuk tidak roboh ketika angin kencang bertiup. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo