Jangan Salah! Kenali Prinsip Desain Ini Agar Kamar Mandi Anda Tetap Optimal

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri, kamar mandi juga dapat menjadi tempat untuk relaksasi setelah seharian menjalani aktivitas yang padat. Dalam beberapa situasi, ada kalanya anda tidak perlu mementingkan bagian ini, ruangan ini hanya mendapatkan sentuhan desain dan dekorasi seperlunya saja. Padahal, desain kamar mandi seperti pemilihan pencahayaan, warna, lantai, dll berdampak pada kesehatan serta kesegaran kamar mandi itu.

Desain kamar mandi yang tepat dapat memberikan rasa tenang, mengurangi resiko, mengurangi stress, nyaman dari suara dan kebisingan, mengurangi bau, dan sebagainya.

Ada banyak sentuhan personal yang bisa diberikan seseorang pada kamar mandinya. Meskipun demikian, prinsip-prinsip dasar dalam mendesain kamar mandi juga tetap perlu diperhatikan. Oleh karena itu, anda perlu menyimak beberapa prinsip desain kamar mandi berikut ini.

Memanfaatkan Cahaya Matahari

Pencahayaan pada kamar mandi sering kali diabaikan. Banyak orang umumnya memilih memasang jendela dengan ukuran yang kecil di kamar mandi. Padahal, pencahayaan alami yang melimpah sangat dibutuhkan di kamar mandi, terlebih untuk kamar mandi yang berukuran kecil. Alasannya, cahaya matahari akan membantu relaksasi anda di kamar mandi dan menjaganya agar tidak terlampau lembab.

Kamar mandi tentunya akan tambah nyaman dengan masuknya pencahayaan alami, jika tidak memungkinkan menggunakan jendela berukuran besar, cobalah untuk memasang skylight.

Shower, Bathup, dan Wastafel

Shower, Bathup, dan Wastafel memiliki beragam jenis dan ukuran maupun material yang digunakan. Pilihlah dan sesuaikan dengan kehendak kebutuhan anda. Tiga komponen ini tentunya harus ada di kamar mandi agar menjadi lengkap. Pastikan ketiganya memiliki kualitas yang baik dan ditempatkan pada posisi yang pas, mudah di jangkau, dan tidak mengobstruksi satu sama lain.

Baca Juga : Pentingnya Mengenal Exhaust Fan untuk Ruangan Anda

Misalnya, Bathup yang baik harus mampu memberikan kenyamanan esktra saat rendaman sembari tiduran maupun di saat duduk. Model dengan desain klasik, vintage, dapat menjadi tambahan estetika ruang yang unik dan menarik.

Sediakan Rak Penyimpanan

Bagian ini juga cukup penting, usahakan memilih rak dengan model dan desain yang dapat memberikan sentuhan estetik pada ruangan. Posisi rak juga harus dapat mudah dijangkau.

Rak penyimpanan ini bisa berupa lemari kecil, laci-laci, ataupun keranjang. Buat kamar mandi anda terlihat lebih rapi dan nyaman berkat penyimpanan yang cukup.

Baca Juga : Musim Panas Melanda, Ini Dia Tips Buat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Perhatikan Sirkulasi Udara

Privasi memang menjadi salah satu aspek utama dari kamar mandi yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun demikian, pemasangan jendela di kamar mandi juga punya fungsi tersendiri. Salah satunya adalah untuk sirkulasi udara yang prima. Dengan keadaanya yang basah dan dingin, kamar mandi berisiko untuk menjadi lembab bila tidak dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik.

Pilihlah Material Lantai yang Tidak Licin

Sebagai ruangan yang lebih sering terkena air dan basah, pastkan lantai kamar mandi terbuat dari material yang tidak licin. Keramik menjadi material yang paling lazim digunakan, tetapi pilihlah bahan keramik yang tidak licin. Untuk proteksi ekstra, anda juga bisa menggunakan pelapis lantai yang terbuat dari karet atau silikon. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo