Ubah Basement Menjadi Ruangan yang Menarik

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk rumah dengan lahan yang terbatas, penambahan ruang biasanya dilakukan dengan menambah lantai. Penambahan  lantai ke atas memang cara yang kerap di pilih. Namun tak ada salahnya jika anda  mencoba menambah lantai ke bawah dengan membangun basement.

Pasalnya basement seringkali dianggap tidak menarik dalam hal visual. Langit-langitnya yang rendah dan kurangnya cahaya alami membuat ruangan ini tidak terlalu diperhatikan atau malah hanya dijadikan sebagai gudang. Padahal ada beberapa ide kreatif yang bisa dilakukan untuk mengubah basement menjadi ruangan yang menarik.

Artikel berikut ini bisa menjadi inspirasi anda  untuk mengeksplore dan mendesain basement menjadi lebih menarik dan fungsional.

Ruang Kerja Pribadi

Kalau anda terbiasa bekerja dengan suasana tenang, anda bisa memanfaatkan basement menjadi ruang kerja. Selain jauh dari keramaian ruang yang lain, ruang ini bisa membuat anda lebih santai saat bekerja. Dengan pemilihan warna yang tepat seperti putih, akan lebih menjernihkan pikiran anda sehingga ide – ide cemerlang dapat tersalurkan.

Ruang Laundry

Ruang servis di dalam rumah tentu saja perlu didesain agar tidak mudah dilihat oleh tamu yang berkunjung kerumah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meletakkan area servis tersebut di ruang basement. Ruang servis yang dapat diletakkan di ruang ini adalah ruang laundry. Mencuci pakaian dan juga berbagai perlengkapan sandang lainnya tentu terkadang tidak nyaman jika dilihat oleh tamu yang tiba-tiba berkunjung ke rumah.

Baca Juga : Ide Keren Mengubah Fungsi Garasi Rumah

Jika meletakkan ruang laundry di basement, suara yang dihasilkan oleh mesin cuci juga akan terdengar lebih kecil di ruang atasnya. Pastinya tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari di rumah.

Ruang Bermain

Anda yang suka bermain dan mengajak teman-teman ke rumah, bisa menjadikan basement ini menjadi ruang bermain. Ruang bermain khusus ini juga bisa menjaga privasi anda.

Ruang bermain di basement tentu saja akan membuat area basement tampil lebih menarik dan menyenangkan. Dengan menyediakan berbagai sarana bermain dan bersantai, anda bersama anggota keluarga pun bisa saling mengakrabkan diri.

Anda bisa menambahkan meja billiard dan area duduk santai sambil menikmati minuman di area bermain. Tentu saja pemanfaatan basement menjadi ruang bermain ini bisa membuat anda dan keluarga terhibur.

Home Theater

Dengan pencahayaan yang minim, home theater pun bisa menjadi tempat yang pas untuk dijadikan di ruang basement. Didesain dengan layar lebar yang terpasang pada dinding, dan dudukan sofa santai yang nyaman untuk menonton. Pencahayaan yang tidak terlalu terang akan menonjolkan suasana menonton seakan berada di bioskop.

Tempat Penyimpanan Anggur

Memang sih masih difungsikan sebagai tempat penyimpanan, tapi kali sebagai tempat penyimpanan koleksi minuman anggur. Desain ini berhasil menampilkan kesan bawah tanah yang masih alami namun tetap modern. Dengan dinding bebatuan dan furniture dengan material kayu, nuansa alam akan cukup terasa. Anda juga bisa menambahkan tangga dengan desain menarik dengan tampak melayang. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo