Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Merombak rumah dengan tampilan baru tentu membawa nuansa segar bagi penghuni. Terlebih, jika renovasi yang dilakukan sesuai dengan gambaran ideal penghuni sebagai hunian idaman.

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa proses renovasi tidak semudah yang dibayangkan. Tanpa adanya perencanaan yang matang, proses renovasi dapat terkendala dan membuahkan hasil yang kurang memuaskan. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui untuk menjamin proses renovasi rumah berjalan dengan lancar.

1.       Perencanaan Awal

Lakukan perencaan lebih awal. Anda dapat melakukan riset terhadap pilihan produk dan bahan bangunan yang akan digunakan. Dengan ini, Anda dapat mencegah penundaan di kemudian hari.

Buat daftar produk beserta harganya agar Anda dapat melakukan perhitungan saat membandingkan harga. Perencanaan juga meliputi pertimbangan biaya pemeliharaan dalam jangka panjang, biaya perbaikan, dan upaya penghematan energi. Dengan pertimbangan yang matang, Anda dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan.

2.       Lingkungan dan Karakteristik Lahan

Lingkungan tentu menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan renovasi rumah. Anda dapat melakukan renovasi rumah sesuai dengan pola-pola bangunan sekitar sehingga memperkuat karakter daerah tersebut. Terlebih, Anda dapat berkontribusi terhadap karakter unik dari daerah yang Anda tinggali.

Selain itu, Anda juga perlu mepertimbangkan karakteristik dan kondisi lahan Anda. Dengan desain yang tepat dan pertimbangan lahan, desain renovasi rumah Anda akan berhasil. Pertimbangkan juga elemen negatif dalam merencanakan renovasi Anda, seperti menambahkan peredam untuk mengurangi kebisingan, atau penghalang untuk menutup pandangan agar Anda lebih mendapat privasi.

3.       Mengenali Desain dan Struktur Rumah

Untuk melakukan renovasi dengan baik, Anda perlu mengetahui desain dan struktur rumah Anda saat ini dengan baik. Penggabungan desain konstruksi rumah yang lama dengan yang baru secara sembarangan akan membuat renovasi menjadi kurang berhasil.

Anda tentu akan menghabiskan biaya yang sangat banyak jika Anda melakukan renovasi dengan mengganti seluruh struktur bangunan. Hal ini akan membuat biaya yang harus dikeluarkan sama dengan membangun rumah dari awal.

Buat perencanaan yang matang dengan menggabungkan pola, bentuk, dan infrastruktur perencanaan lama dan baru. Dengan ini, renovasi akan berhasil secara memuaskan dan lebih hemat angaran. Pastikan Anda memahami bagaimana merancang secara aman dengan mengenali struktur rumah Anda dengan baik.

4.       Pemilihan Material yang Tahan Lama

Pemilihan bahan bangunan yang tepat juga menjadi salah satu faktor penting dalam renovasi rumah. Pastikan Anda menggunakan bahan bangunan yang hemat, tahan lama, aman, dan tahan dalam segala cuaca.

Pemilihan material juga perlu mempertimbangkan tekstur, pola, hingga warna yang dapat mendukung nuansa rumah yang ingin dibangun. Sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan renovasi rumah dengan gaya industrial, Anda dapat mengedepankan elemen kayu dan besi pada bahan bangunan yang digunakan.

5.       Perbarui Panel Listrik

Saat renovasi merupakan saat terbaik untuk memperbarui instalasi listrik Anda. Hal ini diperlukan jika sebelumnya listrik sering mengalami masalah atau terdapat kabel listrik yang berantakan. Selain itu, jika Anda menambahkan ruang, Anda tentu perlu memperbarui panel listrik Anda.

Perbarui kabel dan atur jaringan kabel baru jika rumah Anda menggunakan jaringan kabel model lama. Manfaatkan proses renovasi untuk mengganti kebutuhan rumah yang sulit untuk dijangkau. (RT)

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo