Ingin Jual-Beli Rumah Menggunakan Jasa Notaris? Ini Tipsnya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ketika Anda berencana untuk menjual atau membeli rumah, sudah semestinya dibutuhkan tenaga seorang Notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) yang memang sangat penting keberadaannya. Pasalnya, jasa seorang notaris sangat dibutuhkan untuk mengesahkan akta jual beli (AJB), akta pembagian hak tanggungan, balik nama sertifikat hingga pemeriksaan keabsahan sertifikat.

Akan tetapi, dalam memilih notaris Anda tidak boleh sembarangan. Mengingat tidak semuanya dapat Anda andalkan dan mampu menjalani tugasnya dengan penuh kejujuran. Permasalahan semacam inilah yang hingga saat ini masih menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa notaris ketika ingin menjual atau membeli rumah, ada baiknya Anda perhatikan tips memilih notaris yang telah kami sediakan berikut ini.

Baca Juga : Ini Dia Rumah yang Dbangun dengan Modal Hanya 15 Juta

Pilihlah Notaris yang Jujur

Sebaiknya Anda meminta penjelasan tentang cara kerja, waktu penyelesaian pekerjaan, termasuk total biaya yang keluar hingga pekerjaan tuntas. Hal ini untuk menghindari potensi tindak penipuan atau hal lain yang tidak diinginkan.

Datangi Langsung Kantor Notaris atau PPAT yang Bersangkutan

Pastikan Anda mengetahui di mana lokasi kantor notaris yang akan digunakan, datangi langsung kantor tersebut lihatlah secara seksama kantor tersebut. Notaris yang berkualitas dapat dilihat dari kondisi kantornya, yang selalu sibuk dengan kegiatan kenotarisannya.

Jangan lupa juga untuk melihat dengan seksama keamanan dari kantor tersebut. Sebab, di kantor notaris atau PPAT yang Anda pilih itu, dokumen-dokumen berharga Anda akan disimpan.

Senioritas Bukan Patokan Profesional

Tolok ukur dari profesional tidak bisa dilihat dari umur yang bersangkutan, tetapi dari jam terbang yang telah dialami oleh notaris tersebut. Bagaimana dia mengerjakan dokumen kenotariatan.

Baca Juga : Yuk Ketahui Manfaat Penting dari Asuransi Rumah!

Cara Berkomunikasi yang Bersahabat

Salah satu hal sederhana namun penting adalah bagaimana Anda berkomunikasi dengan pejabat kenotariatan yang menangani urusan Anda. Posisi mereka adalah konsultan yang berlaku seperti sahabat yang memberikan informasi, memberikan penjelasan detail, termasuk mengingatkan risiko.

Pastikan Anda pertimbangkan beberapa tips di atas sebelum akhirnya Anda memilih notaris untuk proses jual-beli rumah. Karena, Anda juga pastinya tidak ingin jika nantinya terjadi hal buruk menimpa dokumen-dokumen rumah yang telah diserahkan kepada pihak dari notaris tersebut. Tetaplah selalu berhati-hati dan jangan mudah percaya terhadap segala jasa yang ingin Anda gunakan. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo