Panduan Wajib Sebelum Beli Rumah. Rumah Baru atau Rumah Second?

image

Propertinews.id, Tangerang – Membeli rumah merupakan cita-cita setiap orang. Hal yang sering terjadi ketika Anda ingin membeli rumah yaitu akan muncul banyak pertimbangan. Mulai dari harga, lokasi, akses, hingga tipe rumah. Selain itu, rumah baru dan rumah second juga menjadi salah satu faktor pertimbangan.

Meskipun keduanya bisa menjadi tempat tinggal dan memenuhi kebutuhan primer, namun tetap saja ada perbedaan yang signifikan antara rumah baru dan rumah second. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda antara rumah baru dan rumah second, dan memiliki rumah idaman masing-masing.

Untuk itu, ketahuilah kelebihan dan kekurangan rumah baru dan rumah second sebagai berikut:

Desain rumah baru lebih kekinian

Ketika membangun rumah baru, developer sudah melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan model rumah yang sedang trend. Maka dari itu, desain rumah baru terlihat jauh lebih modern dan kekinian. Contohnya seperti saat ini yang sedang tren desain rumah minimalis. Jadi, Anda tidak perlu menambah biaya untuk renovasi mengubah rumah Anda agar terlihat lebih kekinian.

Fasilitas rumah baru lebih lengkap

Ketatnya persaingan industri perumahan baru membuat setiap developer semakin giat untuk menambah fasiltias-fasilitas yang dapat menunjang penghuninya. Seperti saat ini sudah banyak perumahan yang memiliki sports center dan playground sendiri di dalam komplek.

Selain itu, sistem keamanan rumah baru pun lebih terjamin karena selain ada satpam yang berjaga, rumah baru juga dilengkapi kamera CCTV di beberapa sudut sehingga lebih aman. Semakin lengkap fasilitas, semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli rumah baru

Dengan lengkapnya fasilitas yang ada di rumah baru, tidak menutup kemungkinan rumah baru memiliki harga yang cenderung lebih tinggi dari rumah second.

Lingkungan rumah baru masih berkembang

Salah satu kekurangan dari rumah baru yaitu lingkungannya yang masih berkembang, sehingga hanya bergantung pada fasilitas dan sarana yang sudah disediakan saja. Selain itu, lingkungan sekitar juga terlihat lebih sepi dibanding rumah second yang lingkungannya sudah ramai. Maka bukan hal aneh jika Anda hanya memiliki sedikit tetangga di rumah baru.

Harga rumah second lebih murah

Karena rumah second sudah pernah ditinggali, pasti terjadi beberapa perubahan di sekitar rumah tersebut, baik perubahan kecil hingga perubahan besar yang harus diperbaiki. Sehingga harga yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah baru yang belum pernah ditinggali dan struktur bangunannya lebih kuat.

Selain itu, rumah second biasanya menggunakan tipe rumah lama, bukan tipe yang minimalis kekinian seperti model rumah baru. Fasilitas yang didapatkan juga tidak terlalu lengkap.

Lingkungan rumah second lebih ramai

Rumah second umumnya berada di lingkungan yang sudah memiliki banyak penghuni, sehingga lingkungannya jauh lebih ramai dan lebih terstruktur, biasanya juga sudah memiliki komunitas kecil antar penghuninya seperti arisan RT dan lainnya. Ketika Anda beli rumah second, Anda berpeluang untuk memiliki banyak tetangga dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah ditentukan RT setempat.

Ekstra hati-hati ketika beli rumah second  

Ketika membeli rumah second, Anda perlu ekstra hati-hati karena biasanya rumah second sering meninggalkan banyak bagian yang perlu diperbaiki. Penting bagi Anda untuk mempelajari riwayat rumah second tersebut sebelum membelinya, jangan sampai Anda salah renovasi yang justru mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya.

Baca juga: Beli Rumah Inden atau Ready Stock, Mana yang Lebih Baik?

 

Seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari rumah baru dan rumah second yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Kira-kira Anda memutuskan akan membeli rumah baru atau rumah second? (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo