Yuk, Ubah Rumah Lama menjadi Smart Home yang Modern! Ikuti Tips Ini

image

Propertinews.id, Tangerang – Di era digital yang serba menggunakan teknologi ini terdapat banyak inovasi baru yang dapat mempermudah kinerja manusia untuk melakukan sesuatu. Penggunaan teknologi tersebut kini juga merambat hingga ke industri rumah tangga. Seperti misalnya, penggunaan smart home yang kini tengah ramai diperbincangkan karena penggunaannya yang praktis dengan mengandalkan sistem automasi.

Smart home atau rumah pintar ini diartikan sebagai bangunan rumah yang dilengkapi dengan teknologi super canggih agar seluruh perangkat dan sistem dapat saling terhubung.

Smart home ini melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, pemanasan, ventilasi, pendingin udara, dan keamanan berbagai peralatan rumah tangga. Umumnya, smart home menggunakan teknologi wi-fi sebagai alat kontrolnya.

Tertarik mengubah rumah kamu menjadi smart home? Ketahui tips berikut ini!

Gunakan lampu Smart LED

Seperti yang sudah kita ketahui, LED merupakan lampu hemat energi yang merupakan bagian dari penerangan ruangan. Sekarang ini, ada teknologi lampu LED yang otomatis bernama Smart LED.

Lampu Smart LED ini dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone, jadi Anda bisa menyesuaikan warna lampu dan menjadwalkan kapan lampu akan mati dan menyala secara otomatis.

Menggunakan kunci fingerprint

Dalam konsep smart home, penggunaan handle pintu berbasis fingerprint dan wifi sudah menjadi hal yang biasa. Selain penggunaannya yang praktis, handle pintu dengan fingerprint pun dianggap lebih aman daripada pintu dengan handle biasa. Anda bisa mengontrol kapan pintu bisa terbuka atau terkunci hanya melalui aplikasi di smartphone.

Desain kunci handle pintu menggunakan fingerprint pun lebih modern, sehingga menambah nilai estetika rumah Anda.

Memaksimalkan penggunaan Smart Plug

Smart plug merupakan colokan dari produk smart home lainnya. Plug ini disinyalir jauh lebih aman dan lebih praktis jika dibandingkan plug biasa. Anda juga bisa mengontrol plug ini dari jarak jauh hanya dengan aplikasi di smartphone dan koneksi internet.

Gunakan smart universal remote

Smart universal remote merupakan remote yang dapat mengontrol berbagai barang elektronik seperti TV, AC, maupun DVD. Semua perangkat elektronik ini bisa dikendalikan hanya dengan satu aplikasi dari smartphone yang tersambung pada internet atau wifi.

Aplikasi ini juga dapat diakses oleh seluruh penghuni rumah menggunakan voice command apps seperti SIRI atau Google Assistant.

Gunakan smart bin

Smart bin merupakan tempat sampah pintar yang dapat membuat rumah Anda lebih bersih higienis dan juga praktis. Tempat sampah ini dapat terbuka secara otomatis hanya dengan sensor dari jarak 0-35 cm.

Smart bin otomatis ini tentunya membuat Anda tidak perlu lagi membuka tempat sampah secara manual. Selain itu, smart bin juga dapat secara otomatis membungkus sampah yang sudah penuh dan menggantinya dengan kantong plastik yang baru. Sangat canggih, bukan?

Baca juga: Mengenal Jenis Perangkat pada Teknologi Smart Home

Menggunakan smart home memang membuat rumah Anda semakin terasa canggih dan modern. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa ketika menggunakan smart home untuk rumah lama, pastikan Anda menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memdai, karena hampir seluruh alat smart home membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil. Jadi, apakah Anda masih tertarik untuk mengubah rumah Anda menjadi smart home? (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo