Mengenal Lebih Jauh Tentang Rusun, Apartemen, dan Kondominium

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, pasti sudah tidak asing lagi dengan hunian vertikal atau hunian bertingkat seperti rumah susun, apartemen, dan kodominium. Hunian vertikal adalah solusi di tengah keterbatasan lahan.

Telah menjadi kebiasaan bagi para pelaku bisnis bahwa istilah rumah susun digunakan untuk hunian bertingkat yang ditujukan kepada kalansgan bawah, apartemen untuk kalangan menengah, dan kondominium untuk kalangan atas.

Perbedaan utama dari ketiganya terletak pada fasilitas yang ditawarkan. Rumah susun dilengkapi dengan fasilitas yang seadanya, apartemen memiliki fasilitas yang lebih lengkap seperti parkir luas, kolam renang dan sarana kebugaran, sedangkan kondominium dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap dan mewah.

Baca Juga : Nasabah Meninggal Dunia? Bagaimana Status KPR?

Rumah Susun

Hunian vertikal yang paling terkenal dan mudah ditemukan di media massa digital maupun cetak adalah rumah susun. Bahkan sekalipun di bidang properti, kita mengenal tiga bentuk hunian vertikal yaitu rumah susun, apartemen, dan kondominium. Akan tetapi, pemerintah melalui Undang-Undang No.20 Pasal 1 ayat 1 Tahun 2011 menyebutkan bahwa hanya ada satu jenis hunian vertikal yaitu rumah susun.

Rumah susun adalah sebuah bangunan gedung bertingkat yang dibangun pada suatu lingkungan, dan terbagi dalam bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing baik secara vertikal maupun horizontal. Rumah susun terdiri dari satuan-satuan terpisah yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah dan dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Hunian vertikal jenis ini biasanya dimiliki oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Sering kali hunian ini menjadi solusi pemerintah menghadirkan hunian bagi masyarakat yang direlokasi. Ada 2 bagian dalam rumah susun, yaitu rusunami dan rusunawa.

Baca Juga : Ingin Beli Rumah Tanpa Skema Riba? Ini Dia Tipsnya!

Apartemen

Pengertian apartemen adalah sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Di dalam gedung apartemen mempunyai banyak unit apartemen, bahkan pada apartemen besar biasanya terdapat hingga ratusan unit apartemen. Sebenarnya istilah apartemen ini banyak digunakan di Amerika Utara, sementara istilah rumah flat banyak digunakan di Britania Raya.

Di dalam unit apartemen sendiri terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Apartemen juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan lainnya.

Kondominium

Kondominium adalah gedung besar, mewah, bertingkat yang disewakan. Jadi dalam praktiknya, pemilik unit kondominium memiliki hak melakukan apa pun misalnya menyewakan atau menjual pada orang lain. Artinya, kondominium dapat menjadi alternatif investasi, sedangkan apartemen lebih sebagai hunian rumah tinggal. Apalagi saat ini banyak kredit pemilikan apartemen (KPA) yang disediakan oleh berbagai jasa finansial buat Anda yang ingin memiliki hunian sendiri. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo