Ini Dia Tips Agar Pengajuan KPR untuk Pekerja Freelance Diterima

image

Propertinews.com, Tangerang – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh berbagai bank di Indonesia, kini menjadi salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin mencicil hunian. Sayangnya, pengajuan KPR tidak mudah dilakukan oleh semua orang. Berbagai syarat harus dipenuhi terlebih dahulu dan terdapat juga banyak berkas-berkas yang harus dilengkapi.

Sebagai pegawai freelance yang cenderung memiliki penghasilan yang ‘tidak pasti’, Anda tentu kesulitan mengajukan KPR karena salah satu syarat pengajuan KPR yang membutuhkan slip gaji. Lalu, bagaimana caranya agar pekerja freelance tetap dapat mengajukan KPR? Ini dia tipsnya!

1.      Hitung rata-rata pendapatan Anda.

Agar terhindar dari hutang yang dapat terjadi saat Anda mencicil hunian, lebih baik Anda membeli rumah dengan harga terjangkau yang sesuai dengan pendapatan. Hal ini sangat amat perlu diperhatikan, meskipun hunian yang Anda inginkan adalah hunian impian Anda, tetapi pihak bank tentu tidak ingin memberikan kredit untuk rumah yang terlalu mahal dan tidak seimbang dengan pendapatan Anda.

2.      Bebas dari riwayat buruk.

Pastikan riwayat Anda bersih dari peminjaman apapun, karena pihak bank tentu tidak ingin memberikan pinjaman kredit kepada orang yang tidak bertanggung jawab atau memiliki cacatan buruk yang pernah terjadi di hidup Anda, khususnya di bidang kredit dan keuangan.

3.      Siapkan portofolio terbaik.

Sebagai freelancer yang tidak memiliki slip gaji yang pasti, Anda bisa membuktikan kepada pihak Bank bahwa Anda adalah orang yang berpenghasilan cukup melalui portofolio yang Anda buat. Portofolio dapat berisikan riwayat pekerjaan Anda, klien-klien yang pernah Anda kerjakan, atau bukti transfer honor yang pernah Anda dapatkan. Jika pendapatan dan pemasukan Anda terbukti lancar, pihak bank tentu akan menyetujui potensi pinjaman KPR untuk Anda.

4.      Pendapatan harus lebih dari cicilan.

Jika Anda memiliki penghasilan stabil yang lebih tinggi dari cicilan hunian, pihak bank pasti tidak akan meragukan Anda dan mempercayai Anda. Perlu diperhatikan, pihak bank juga pasti akan menanyakan detail pengeluaran Anda yang lain untuk mengetahui nominal tepat yang Anda punya setiap bulannya.

5.      Uang muka.

Solusi lain untuk memudahkan pihak bank untuk menyetujui pengajuan Anda adalah Anda dapat menyiapkan uang muka terlebih dahulu. Anda bisa menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan Anda, agar uang muka bisa segera Anda lunasi tanpa harus mencari pinjaman.


Membeli hunian sekarang semakin dimudahkan. Tidak memandang apapun pekerjaan Anda, siapapun dan dimanapun, kini semakin memiliki peluang yang terbuka lebar untuk memiliki hunian. Tanam modal terbaik Anda sedari sekarang agar peluang investasi semakin besar dan masa depan Anda tentu akan semakin terjamin. (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo