Sebelum Membuka Usaha Kos-kosan, Perhatikan Hal Ini

image

Propertinews.id, Tangerang – Bisnis kos-kosan semakin ramai disebabkan oleh harga sewa kos yang setiap tahunnya semakin naik, sehingga pengusaha kos dapat meraih untung lebih banyak. Saat ini tidak hanya mahasiswa yang mencari kos, namun banyak para pekerja yang memilih kos sebagai alternatif tempat tinggal sementara agar dekat dengan kantor.

Bisnis ini kerap dikatakan dapat menjamin pendapatan rumah tangga dalam waktu panjang, khususnya ketika sudah masa pensiun dan bukan lagi tenaga kerja. Harga tanah yang juga semakin naik setiap tahunnya membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memulai bisnis kos-kosan.

Meskipun begitu, Anda juga harus tetap cermat dalam memulai bisnis kos-kosan agar tidak rugi. Ada beberapa faktor yang menjadi keuntungan bisnis kos-kosan, perhatikan hal-hal berikut ini:

Lokasi Strategis

Sebelum memulai bisnis, cobalah untuk survei terlebih dahulu di sebuah lokasi, karena umumnya, kos-kosan terletak di wilayah yang sangat strategis, entah itu dekat dengan kampus, kantor, pusat perbelanjaan, rumah sakit, maupun fasilitas lainnya. Maka dari itu, Anda juga harus menentukan target kosan terlebih dahulu agar lokasi yang akan digunakan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Fasilitas yang memadai  

Sebelum Anda menentukan harga sewa kos, pikirkan juga fasilitas apa saja yang Anda berikan kepada penyewa. Selain lokasi, fasilitas yang ada di kos juga menjadi faktor penentu target untuk menyewa kamar. Fasilitas kos yang paling umum yaitu AC atau kipas angin, TV, wifi, lahan parkir dan kamar mandi dalam atau luar. Semakin lengkap fasilitas kos, semakin banyak yang tertarik untuk menyewa.

Keamanan dan kenyamanan

Faktor lainnya yang dapat menjadi pertimbangan yaitu kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar. Rasa aman membuat penghuni merasa nyaman untuk tinggal di kos. Sebagai contoh, Anda bisa berikan jaminan berupa pemasangan CCTV di area kos ataupun sediakan penjaga yang dapat menjamin keamanan kos.

Semantara itu, untuk meningkatkan rasa nyaman penyewa, Anda bisa memberikan jaminan berupa air bersih kepada penghuni kos. Karena air bersih sangat penting dan menjadi kebutuhan sehari-hari, mulai dari mandi hingga memasak.

Tentukan harga yang sesuai

Harga merupakan faktor utama yang menjadi tolak ukur ketika membeli sesuatu. Setelah Anda menentukan hal-hal di atas, barulah Anda mulai untuk menyusun harga yang sesuai berdasarkan dari lokasi, fasilitas, dan keamanan kos. Lakukanlah survei harga kos terdekat, lalu bandingkan dengan fasilitas yang mereka miliki dengan fasilitas milik Anda, lakukan berbagai perbandingan antara kos Anda dengan beberapa kos terdekat lainnya.

Setelah itu, pasang harga yang sesuai dengan fasilitas dan sarana yang Anda berikan kepada penyewa. Contohnya, kamar kos tanpa AC memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kamar kos yang memiliki AC, atau kamar kos dengan kamar mandi dalam memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kos dengan kamar mandi yang ada di luar.

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya akan ada untung-rugi di dalamnya. Perlu diingat kembali bahwa dalam membangun bisnis kos, harus dilakukan secara cermat dan penuh persiapan yang matang agar terhindar dari hitungan yang meleset.

Baca Juga: Lebih Untung Mana, Bisnis Rumah Kontrakan atau Kost-kostan?

Jadi, itulah beberapa hal yang sangat perlu Anda perhatikan sebelum membangun usaha kos-kosan. Berbagai aspek mulai dari fasilitas hingga sarana harus mampu memberikan keamanan dan kenyamanan kepada calon penyewa kos. Apakah Anda tetap tertarik untuk menjalankan bisnis ini? (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo