Yuk Kenali Karakteristik High Rise Building

image

PropertiNews.id, Tangerang – High rise building atau bangunan tinggi merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk kepada bangunan yang memiliki struktur menjulang tinggi atau bangunan dengan jumlah tingkat yang banyak.

Seperti namanya, gedung ini juga memiliki karakteristik khusus. Karakteristik tersebut dapat dijadikan pedoman dan bahan dalam merencanakan pelaksanaan pada bangunan tersebut. Perencanaan dapat meliputi perencanaan pekerjaan struktur dan finishing kulit luar maupun finishing dalam.

Nah untuk mengetahi bagaimana karakteristik lain pada high rise building ini, berikut ini kami berikan artikelnya untuk Anda.

Tinggi Bangunan

Seperti namanya, tentu saja gedung ini tinggi dan menjulang. Sebuah bangunan disebut high rise building apabila memiliki jumlah lantai di atas 20. Berdasarkan pengamatan, umumnya gedung di Jakarta berada pada ketinggian 20-35 lantai.

Baca Juga : Jadi Tren di Masa Depan, Aparthouse Hunian untuk Milenial

Luas Lantai

Selain memiliki ketinggian minimum, high rise building juga memiliki luas tapak yang tergolong kecil, yakni sekitar 750 hingga 1.500 meter persegi. Oleh karena itu, high rise building banyak dibangun di kawasan perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan. Selain itu, high rise building pun memiliki karakteristik bentuk vertikal untuk menghemat penggunaan lahan.

Typical

Kondisi beban di tiap lantai yang relatif sama, membuat struktur gedung high rise building ini umumya tipikal kecuali pada elemen vertikal yang mengecil pada kenaikan lantai tertentu. Kondisi yang tipikal akan memudahkan dalam perencanaan dan pelaksanaan bangunan.

Risiko Angin dan Gempa

Biasanya bangunan tinggi mempunyai bentuk yang lansing dan tinggi. Secara fisika maka bangunan ini akan sangat dipengaruhi oleh adanya gempa maupun tekanan angin dari sekeliling bangunan. Oleh karena itu, biasanya bangunan tinggi mempunyai sistem aerodinamika yang baik serta struktur yang sanggup bertahan dalam guncangan.

Baca Juga : Gaya Hidup Eco Living, Kebutuhan Masyarakat Modern Saat Ini

Nilai Arsitektur High Rise Building

Meskipun high rise building memiliki karakteristik desain bangunan yang vertikal, tapi saat ini juga ada beberapa high rise building yang memiliki karakter desain arsitektur bernilai tinggi sebagai identitas tersendiri. Biasanya, hal ini bertujuan untuk mewakili cita rasa dari sang arsitek.

Itu dia tadi 5 karakteristik dari sebuah bangunan yang kerap disebut dengan high rise building. Setelah melihat karakteristik ini, semoga Anda bisa membedakan mana bangunan yang termasuk high rise building dan mana yang bukan. Karakteristik dari high rise building di atas merupakan karakteristik umum dari berbagai negara. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo