Ini Dia Cara Memperbaiki Pagar Rumah yang Berkarat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Selain kayu dan aluminium, pemilik rumah umumnya memilih pagar yang terbuat dari besi untuk menjadi “benteng” di rumah. Ketika seseorang memutuskan memakai pagar dari besi, umumnya dikarenakan karakteristiknya yang kokoh. Besi merupakan material yang sangat kuat, banyak variasi, dan memberikan kesan modern. Namun, sayangnya material ini mudah berkarat.

Jika pagar Anda sudah berkarat, Anda bisa memperbaikinya dengan cara-cara yang telah kami rangkum berikut ini.

Cat Pagar Terkelupas

Sebelum pagar berkarat, biasanya ditandai dengan cat pagar yang terkelupas. Nah, jika Anda sudah melihat tanda-tanda ini di pagar, sebaiknya tutupi bagian yang terkelupas dengan bahan yang dapat mencegah terpaan air.

Contohnya, Anda bisa mengaplikasikan gemuk alias minyak atau menggunakan oli bekas. Sejatinya, minyak dan air adalah senyawa yang tidak akan bersatu. Nah setelah Anda mengolesi bagian yang terkelupas tersebut dengan gemuk atau oli, tutupi bagian tersebut dengan plastik wrap. Cara ini dapat dilakukan apabila Anda belum memiliki cat anti karat. Bila cat tersebut sudah ada, segera lapisi bagian yang terkelupas agar karat tidak semakin banyak.

Baca Juga : Contoh Ide Desain Pintu Berikut Ini, Untuk Percantik Tampilan Rumah Anda

Jika Kondisi Karat Sudah Parah

Jika karat yang terjadi cukup besar, banyak, atau sudah parah, maka perlu usaha perbaikan. Caranya, siapkan terlebih dahulu amplas besi, sikat kawat, cat besi, kuas, cat dasar anti karat, dan perlengkapan proteksi tubuh. Mulailah perbaikan dengan memakai masker dan sarung tangan. Ini karena debu karat bisa berdampak negatif pada kesehatan. Lalu, bersihkan permukaan yang berkarat dan gunakan sikat kawat, agar karat memudar dan berkurang.

Hilangkan kerak karat dengan amplas besi dan gosok hingga halus. Bila sudah, gunakan cat dasar anti karat ke seluruh permukaan pagar dan biarkan mengering. Lalu lapisi dengan cat warna sesuai dengan keinginan Anda.

Karat Sudah Menggerogoti Pagar Sehingga Lapuk

Tidak ada cara lain untuk mengakali kondisi ini. Cara terbaik adalah melakukan pengelasan kembali di bagian yang lapuk. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya agar memberikan hasil yang maksimal tentunya. Nah jika proses pengelasan sudah selesai, Anda bisa melapisinya kembali dengan cat anti karat, setelah itu barulah melakukan pengecatan dengan menggunakan warna-warna pilihan Anda.

Baca Juga : Musim Hujan Tiba, Ini Dia Tips Rumah Anti Bocor

Pilih Cat Pagar Besi serta Teknik yang Tepat

Ada beberapa cat yang memang khusus digunakan untuk mewarnai pagar besi. Jadi, pastikan Anda mengetahui dulu jenisnya sebelum membeli. Beberapa diantaranya adalah cat minyak, cat epoxy, cat alkyd sintetik, dan juga cat duco. Untuk teknik pengecatan bisa dilakukan dengan pemulasan secara langsung menggunakan kuas. Namun sangat disarankan untuk melakukan pengecatan teknik semprot. Cara tersebut membuat cat menempel lebih sempurna dan memberikan perlindungan lebih maksimal dari teknik pulas dengan kuas. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo