Pengen Bisnis Properti Tapi Modal Terbatas? Simak Kiat-Kiat Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kebanyakan orang pasti mengira bahwa untuk terjun dalam bisnis properti, dibutuhkan modal besar. Meskipun asumsi ini tidak sepenuhnya salah, terdapat beberapa cara untuk memulai usaha di bidang ini dengan modal yang minim atau tanpa modal sekalipun.

Properti dinilai sebagai bentuk investasi yang harganya akan terus naik dari waktu ke waktu. Hal ini menjadikan sektor ini tetap menarik untuk dijadikan bisnis meski pada saat ini terlihat lesu.

Buang jauh-jauh pikiran bahwa bisnis properti hanya terbatas pada jual beli tanah, bangunan, hingga penyewaan. Terdapat hal lain yang dapat dilakukan di bidang ini yang tidak kalah menguntungkan dari aktivitas jual beli secara langsung dengan modal yang kecil.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan bisnis di sektor properti.

1.       Pasar Modal

Jika Anda tidak memiliki modal yang banyak untuk  melakukan jual beli tanah dan bangunan, Anda dapat mencoba membeli saham perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Dengan membeli saham perusahaan, Anda dapat menjadi pemilik perusahaan tersebut meski persentasenya kecil. Dengan pengetahuan Anda mengenai dunia properti, Anda tentu dapat lebih bijaksana dalam melakukan jual beli saham. Harga saham ini dapat dipengaruhi oleh kenaikan suku bunga kredit, lesunya penjualan, dan lain sebagainya.

Amati perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang properti ini dan tentukan saham perusahaan yang paling menguntungkan. Harga saham perusahaan berbeda-beda tergantung perusahaannya. Banyak perusahaan properti yang dijual dengan harga di bawah Rp. 1.000 per lembar, yang artinya Anda dapat membeli 1 lot alias 100 lembar dengan harga di bawah Rp. 100 ribu.

2.       Broker Properti

Anda memiliki jaringan yang luas dan paham mengenai tren harga properti? Mungkin Anda dapat mencoba untuk menjadi seorang makelar properti. Makelar properti merupakan perantara yang menjembatani investor ke pembeli atau penjual properti. Dengan menjadi makelar, Anda tidak perlu memiliki modal besar dan properti sendiri.

Anda dapat menjadi makelar properti lepas yang tidak terikat atau menjadi makelar bersertifikat yang bernaung di bawah suatu perusahaan. Dari segi pendapaptan, makelar properti biasanya mendapatkan komisi dari penjualan yang didapat. Bayangkan jika komisi dari penjualan sebesar 2.5 persen dari sebuah bangunan yang berharga miliaran. Di samping itu, menjadi makelar bisnis dapat menjadi usaha sampingan karena tidak terikat sehingga dapat dilakukan dengan lebih fleksibel.

3.       Portal Jual Beli Properti

Jika Anda cukup ahli di bidang teknologi, maka Anda dapat mengembangkan sebuah situs untuk bisnis properti. Salah satu bentuk yang populer adalah portal jual beli properti yang mengakomodasi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

Dengan mengembangkan situs seperti ini, Anda bisa meraup keuntungan lewat keanggotaan atau iklan yang dipasang di situs Anda. Selain itu, Anda juga dapat menetapkan biaya perantara untuk transaksi properti yang terjadi di situs Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menjadi perancang situs bagi pengembang. Dengan kemampuan Anda di bidang teknologi dan pengetahuan di bidang properti, Anda tentu dapat membangun sebuah situs terbaik bagi pengembang. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo