Tips Menentukan Harga Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang - Sebagai tempat tinggal, menjual rumah memiliki tantangan tersendiri. Calon pembeli memiliki pertimbangan-pertimbangan yang meliputi kondisi bangunan, lokasi, hingga harga. Jika Anda berencana untuk menjual rumah Anda, maka menentukan harga jual yang tepat merupakan hal yang penting.

Cermati harga rumah yang ingin Anda jual dengan melihat kondisi pasar. Jangan jual rumah Anda dengan harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini untuk membantu Anda menentukan harga jual rumah dengan tepat.

1.       Lihat Transaksi Sebelumnya

Untuk menentukan harga terbaik, Anda dapat membandingkan dengan properti serupa yang baru saja terjual. Bandingkan perbedaan fasilitas yang terdapat di properti Anda dan properti yang baru terjual tersebut.

Melihat harga pasaran dan melakukan perbandingan di portal jual beli properti juga dapat menjadi salah satu cara paling cepat. Selain itu, perhatikan keadaan properti serupa yang tidak terjual. Cermati apa yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi, sehingga Anda dapat menentukan harga yang kompetitif dan tepat.

2.       Prospek Lingkungan Tempat Tinggal

Setiap orang yang berencana untuk membeli rumah tentu memperhatikan prospek yang ada pada calon lingkungan tempat tinggalnya. Perencanaan pembangunan seperti jalan, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda.

Rencana pembangunan fasilitas publik tentu menandakan prospek yang baik. Hal ini memperlihatkan kemungkinan lingkugan tempat tinggal akan semakin ramai dan diminati banyak orang pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Cermati Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

Prospek yang tidak baik dapat ditandai dengan banyaknya toko dan tempat usaha lainnya yang tutup. Hal ini menandakan bahwa lingkungan tempat tinggal kurang diminati sehingga harga jual rumah dapat menurun.

3.       Konstruksi dan Ukuran Bangunan

Material yang digunakan untuk konstruksi bangunan serta luas dan ukuran bangunan tentu dapat mempengaruhi harga jual rumah Anda. Pertimbangkan fasilitas yang tersedia di rumah Anda, dan bandingkan dengan harga rumah serupa di sekitar lokasi rumah.

Untuk dapat berhasil dalam menjual rumah Anda, pastikan rumah Anda tidak dijual dengan harga yang terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Dengan harga yang tepat, calon pembeli tentu akan lebih tertarik untuk membeli rumah Anda.

4.       Batasan Harga Jual

Proses tawar-menawar tentu dapat menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam hal menjual rumah. Calon pembeli tentu akan berusaha menawar harga yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Bahkan, beberapa calon pembeli menawar dengan harga yang sangat rendah. Hal ini tentu dapat membuat Anda sebagai penjual merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu menetapkan batasan harga dalam penjualan. Tetapkan harga terendah yang dapat Anda berikan pada calon pembeli.

Meski Anda memiliki batasan harga ini, jangan beritahu secara langsung pada proses tawar-menawar. Sehingga Anda dapat menjual rumah Anda dengan harga terbaik. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo