Ikuti Cara Ini Untuk Mendapatkan Harga Terbaik dalam Membeli Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Dalam membeli sebuah rumah, calon pembeli biasanya akan menawar harga menjadi lebih rendah dari yang diberikan oleh penjual. Kegiatan tawar-menawar merupakan hal yang lumrah dalam kegiatan jual-beli.

Banyak calon pembeli mengalami kesulitan dalam melakukan tawar-menawar karena penjual memiliki batas penawaran untuk harga terendah. Jika Anda berencana untuk menawar harga rumah incaran Anda, simak tips berikut untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan Anda.

1.       Tentukan Batas Kemampuan

Menurut ahli, mengetahui kemampuan finansial dapat memudahkan Anda untuk bernegosiasi. Anda juga dapat menetapkan batas dana yang sanggup Anda keluarkan untuk membeli rumah incaran. Oleh karena itu, ketahui kemampuan dan batas finansial Anda sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Dengan mengetahui kemampuan finansial diri, Anda tidak akan mudah tergiur untuk menghabiskan uang terlalu banyak untuk membeli rumah yang Anda incar. Membatasi dana yang dihabiskan untuk harga rumah merupakan hal yang penting, Anda dapat menjadi lebih selektif dalam melakukan pembelian dan menjadi lebih teliti.

2.       Jangan Gunakan Metode Kredit

Membeli rumah secara tunai memang sulit untuk sebagian orang. Namun pembayaran tunai dapat membantu Anda untuk memenangkan penawaran. Penjual rumah biasanya akan menjadi lebih keras dalam negosiasi dengan calon pembeli yang berpotensi tidak dapat membayar cicilan atau pinjaman yang diajukan ke bank ditolak.

Penjual cenderung akan mengurangi sedikit harga jika calon pembeli memutuskan untuk membayar secara tunai. Jadi, Anda dapat membeli rumah secara tunai, sehingga Anda dapat mendapatkan harga terbaik dan memenangkan penawaran dari penjual.

3.       Keputusan yang Cepat dan Tepat

Pengambilan keputusan secara cepat dapat meninggalkan kesan yang baik terhadap penjual. Keputusan yang cepat bukan berarti Anda tidak melakukannya secara tepat. Sebelum melakukan tawar-menawar, lakukan riset terlebih dahulu dan tetapkan kemampuan finansial Anda. Sehingga keputusan yang diambil masih berada dalam batasan-batasan kemampuan dan tidak menyebabkan penyimpangan yang signifikan.

Keputusan dalam yang tidak bertele-tele dapat meningkatkan kepercayaan penjual sehingga dapat diajak tawar-menawar. Gunakan alasan penjual untuk menjual rumah sebagai senjata Anda. Sebagai contoh, jika si penjual ingin segera pindah ke kota lain karena urusan pekerjaan. Anda dapat memanfaatkan ini untuk mendapatkan harga terbaik. Hanya saja, Anda tetap perlu mengedepankan etika bertransaksi sehingga kedua belah pihak merasa nyaman.

4.       Pendekatan Personal

Rumah merupakan properti yang memiliki nilai personal. Penjual yang telah lama tinggal dalam waktu yang lama tentu memiliki kenangan tersendiri saat meninggali rumah tersebut. Oleh karena itu, banyak penjual memperhatikan karakter calon pembeli dalam proses negosiasi. Hal ini dikarenakan penjual ingin melihat bagaimana calon pembeli meperlakukan rumah tersebut.

Dalam proses survei atau pada saat tawar-menawar, ceritakan rencana Anda ke depan untuk rumah tersebut. Jelaskan bahwa Anda akan menjaga dan memelihara rumah tersebut seperti pemilik sebelumnya. Menceritakan pengalaman Anda di hunian Anda sebelumnya juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan kedekatan personal dengan penjual.

Ikatan emosional dapat membantu Anda dapat proses negosiasi sehingga didapatkan harga terbaik dalam melakukan pembelian rumah. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo