Dome House, Rumah Unik di Sleman Yogyakarta yang Tahan Gempa

image

Propertinews.id, Tangerang – Bencana alam memang sulit untuk diprediksi dan dapat datang di saat yang tidak pernah kita duga. Indonesia sendiri telah menjadi negara yang rawan bencana gempa bumi karena termasuk ke dalam kawasan Ring of Fire. Banyaknya gunung berapi yang masih aktif membuat masyarakat Indonesia harus mempersiapkan hal-hal yang dapat terkena dampak bencana alam, termasuk hunian yang harus dibangun dengan bahan bangunan yang tahan akan gempa bumi.

Bangunan tahan gempa sudah banyak dibangun oleh masyarakat luar dan juga masyarakat Indonesia, salah satunya adalah Dome House atau rumah kubah. Hunian berbentuk unik dan memiliki konsep tahan gempa ini dapat Anda temukan di salah satu daerah rawan gempa di Indonesia, yaitu Sleman, Yogyakarta.Bentuknya yang bulat seperti kubah membuat kebanyakan orang menyebut Dome House sebagai rumah “Teletubbies”. Ada juga yang menyebut rumah dome sama seperti rumah Igloo yang dimiliki oleh suku Eskimo, rumah hunai dari Papua, dan rumah bulat yang merupakan rumah tradisional orang Timor.  

Meskipun hanya terbuat dari styrofoam dan tidak dilengkapi genteng di atap, bangunan ini tetap dibangun dengan struktur yang tepat dan mampu bertahan dalam kondisi gempa. Hal ini mampu menarik banyak perhatian dari masyarakat Indonesia yang berkunjung untuk sekadar berwisata di kawasan Dome House dan melihat bangunan tersebut secara langsung.

Penggunaan material yang ringan menjadi kunci rahasia mengapa bangunan ini dapat bertahan terhadap bencana alam. Jumlah sudut dan penghubung antar bagian hunian yang minim juga tidak hanya membuat Dome House mampu bertahan dari gempa bumi. tetapi juga dapat bertahan dari terpaan angin yang memilik kecepatan 450km/jam.

Tidak hanya di Indonesia, bangunan unik Dome House ini juga dapat Anda temukan di negeri sakura, Jepang. Terlebih karena Jepang merupakan negara yang kerap kali dilanda bencana gempa, negara ini juga menerapkan rumah kubah sebagai solusi bangunan tahan gempa bumi. 

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Agen Properti Terpercaya 

Rumah berbentuk unik yang tahan gempa ini dapat menjadi solusi terbaik bagi kawasan rawan bencana alam seperti Indonesia. Dengan membangun hunian anti gempa, korban dampak bencana alam dapat terhindari dan kerusakan akibat bencana alam pun dapat diminimalisir. (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo