Yuk Mengenal Beton Precast yang Jadi Bahan Utama Rumah Sakit Corona di Batam

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mulai mengirim material untuk pembangunan fasilitas rumah sakit corona di Galang, Batam. Salah satu material yang digunakan adalah beton precast (pracetak).

Baca Juga : Yuk Kenali Karakteristik High Rise Building

Beton precast sendiri adalah produk beton untuk kebutuhan konstruksi yang diproduksi secara  khusus menggunakan cetakan press beton dengan ukuran yang teah ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi proyek konstruksi, sehingga dapat menghasilkan beton berkualitas dan berkekuatan tinggi.

Menurut Badan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI), mutu beton precast pun dibagi menjadi III kelas, dari mulai K-100 hingga K-500. Pengelompokkan pada mutu-mutu betok precast yaitu sebagai berikut:

-            Beton Kelas I : K-100, K-125, K-150, K-175 dan K-200

-            Beton Kelas II : K-225, K-250 dan K-275

-            Beton Kelas III : K-325, K-375, K-450 dan K-500

Beton precast ini juga memiliki keunggulan sendiri dibanding dengan beton pada umumnya. Adapun keunggulannya sebagai berikut :

1.             Kualitas lebih konsisten karena diproduksi di pabrik dengan standar pengendalian mutu

2.             Ekonomis karena lebih murah dibandingkan material lainnya

3.             Tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus

4.             Mudah dan cepat

5.             Proses produksi dapat dilakukan secara paralel dengan kegiatan konstruksi di lapangan dan tidak tergantung pada kondisi proyek.

Di Indonesia sendiri, beton pracetak atau precast sering digunakan untuk pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) sehubungan dengan adanya Program Percepatan Pembangunan Rumah Susun yang digagas Pemerintah pada tahun 2006.

Baca Juga : Jadi Tren di Masa Depan, Aparthouse Hunian untuk Milenial

Adanya beton jenis ini tentunya sangat membantu dalam proses konstruksi, meskipun tidak mengecilkan peranan beton konvensional yang juga memiliki berbagai keunggulan. Penggunaan dan pemilihan jenis beton precast dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, serta waktu pengerjaan konstruksi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo