Tips Hemat Membangun Rumah Impian dengan Dana Terbatas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Saat ini telah banyak dikembangkan perumahan siap huni. Meskipun demikian, tak sedikit orang yang berkeinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Apalagi membangun rumah yang sudah di impikan sejak lama. Namun, membangun rumah sendiri bukanlah sebuah hal yang mudah dan murah. Tidak semua orang memiliki kekuatan finansial yang memadai untuk memulainya. Terlebih, harga bahan-bahan untuk membangun rumah yang setiap tahunnya terus naik bakal membuat orang berpikir 2 kali untuk memulai.

Memiliki dana terbatas bukan berarti anda tidak bisa membangun rumah impian. Jika anda mengetahui tipsnya, membangun rumah impian dengan biaya murah bisa diwujudkan. Berikut ini kami berikan tipsnya untuk anda.

Sediakan Bidang Tanah yang Ideal

Jika ingin bangun rumah murah dengan biaya yang murah, sediakan bidang tanah yang cukup terlebih dahulu, anda juga pasti tahu bahwa salah satu elemen yang membuat harga sebuah rumah menjadi mahal ialah tanahnya. Oleh karena itu, pastikan anda sudah menyediakan bidang tanah yang cukup untuk membangun rumah.

Buatlah Rencana Pembangunan Rumah

Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah. Mulai dari dana, ukuran banguan, hingga target penyelesaiannya. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pegendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan.

Baca Juga : Ingin Renovasi Rumah agar Hemat Budget ? Simak Tips Ini

Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Waktu pembangunan yang tak sesuai jadwal sudah pasti menambah biaya tukang. Oleh karena itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai rencana.

Pastikan untuk Memilih Tipe Rumah Minimalis

Rumah dengan desain tipe minimalis saat ini tengah menjadi tren baik untuk pengembangan perumahan rakyat maupun pebangunan rumah sendiri. Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk memperoleh desain rumah tipe minimalis, anda tidak perlu merogoh kocek guna menyewa jasa seorang arsitek, tetapi bisa browsing di internet sehingga bisa memperoleh desain rumah yang diinginkan secara gratis.

Buat Desain Rumah dengan Detail

Inilah cara membangun rumah dengan dana minim selanjutnya. Desain sangat berperan penting dalam meminimalisasi budget dan biaya pengerjaan pembangunan. Jika anda membuat desain rumah sedemikian rinci, anda bisa dengan mudah memperkirakan berapa besaran biaya yang dialokasikan untuk pembangunan rumah.

Selain itu, desain juga berperan penting untuk menghindari kesalahan saat pengerjaan pembangunan. Tidak perlu ribet, anda bisa menggambar sebuah sketsa  pada selembar kertas. Gambar saja secara umum dan tentukan bagian-bagian detailnya seperti teras, pintu, jendela, ruang kamar, dan lainnya.

Lakukan Riset Harga Material Bangunan

Harga material bangunan yang cenderung naik menjadi salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan. Agar kebutuhan dana untuk bahan bangunan bisa kamu perkirakan, maka lakukanlah riset tentang harganya. Jangan segan atau malu keluar-masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang kamu butuhkan. Kamu bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Selektif Pilih Tukang Bangunan

Mengingat pentingnya peran tukang dalam membangun sebuah rumah, maka biaya untuk membayar jasanya perlu kamu siapkan. Selektiflah dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik-tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

Baca Juga : Cara Pintar Membeli Rumah untuk Investasi

Mulai Membangun Secara Bertahap

Untuk membangun rumah sendiri, pada dasarnya Anda tak harus menunggu sampai dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan tersebut. Anda bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih fokus pada setiap tahapnya, serta dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah dipantau. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo