Hindari Kesalahan Ini Saat Membeli Rumah Pertama

image

PropertiNews.id, Tangerang – Membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal memang impian setiap orang. Bagaimana tidak? Rumah merupakan salah satu kebutuhan penting yang mesti dipenuhi dalam hidup. Selain makanan, manusia juga butuh rumah untuk tempat tinggal.

Namun seperti kita ketahui, membeli rumah tentunya tidak semudah membeli barang lain. Pusing, bingung, dan galau, adalah segelintir perasaan yang lumrah menyelimuti pikiran para pencari rumah pertama. Akan tetapi sebenarnya rencana baik ini jangan dijadikan suatu masalah, sebab ada solusi tepat yang layak dijadikan bahan pertimbangan penting sebagai cara beli rumah pertama kali.

Jika Anda baru pertama kali memilih rumah, simak tips berikut ini untuk mengantisipasi kesalahan:

Terlalu Cepat Melakukan Penawaran

Pada kondisi tertentu, permintaan rumah sangat tinggi dan ketersediaannya semakin minim. Anda pun merasa khawatir tidak mendapatkan rumah idaman yang diinginkan. Mungkin inilah yang membuat keinginan membeli rumah dengan segera akan semakin tinggi. Anda pun abai dengan hal-hal kecil dan segera melakukan penawaran.

Ingat, sebelum melakukan penawaran, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Semisalnya mengenai kondisi di sekitar rumah tersebut. Buatlah sedikit waktu untuk memikirkan ulang penawaran yang diberikan oleh developer. Pikirkan pula apakah penawaran tersebut sudah sesuai standar atau justru di bawah standar.

Tidak Mencari Tahu Harga Pasaran Rumah

Tidak pernah mengajukan KPR jangan membuat Anda buta sama sekali seputar hal tersebut. Minimal tahu harga pasaran rumah dan rincian kreditnya. Ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik saat mengkredit rumah. Hal yang bisa dilakukan adalah melakukan survei beberapa harga rumah dan rincian kredit di wilayah yang diinginkan.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Sitaan

Bandingkan harga satu rumah dengan yang lainnya lengkap beserta rincian cicilan dari pengembangnya. Atau Anda bisa langsung datang ke bank untuk menanyakan soal cicilan kredit suatu rumah.

Tidak Mencari Saran dari Profesional

Di tengah proses pencarian rumah, Anda mungkin menemukan rumah yang terlihat menarik pada pandangan pertama. Namun setelah Anda masuk ke dalam interior untuk melakukan inspeksi, anda bisa saja menemukan beberapa kekurangan yang terlihat.

Entah pekerjaan tukang borongan yang kurang rapi, atau situasi yang tidak sesuai dengan gambar. Biasanya pemilik rumah tidak akan menyebutkan kekurangan yang dimiliki oleh unit propertinya, saat itulah peran ahli properti akan sangat penting. Para ahli ini bisa Anda dapatkan dari agen properti atau kolega yang telah berpengalaman di bidang properti. Terkadang agen atau broker properti juga memiliki akses dan informasi bahkan sebelum properti tersebut masuk ke pasar.

Tidak Memperhatikan Biaya Tambahan

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan biaya tambahan tak terduga yang mungkin bisa datang kapan saja ketika membeli rumah. Biaya tambahan tersebut contohnya seperti biaya administrasi saat melakukan pembayaran cicilan KPR dan asuransi perumahan. Tidak ketinggalan biaya perawatan rumah saat terjadi kerusakan.

Baca Juga : Tips Membeli Rumah Impian dengan Dana Pas-Pasan

Biaya tambahan lainnya ketika Anda menggunakan developer adalah biaya appraisal, notaris, dan pajak properti. Hal ini terkadang sering dilupakan oleh calon pembeli rumah dan mereka hanya terfokus pada harga jualnya. Maka dari itu, sebelum memutuskan beli rumah, Anda sudah harus siap dengan biaya-biaya tambahan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tidak melakukan kesalahan ketika membeli rumah untuk pertama kali. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo