Bisnis Sewa Properti Makin Untung dengan Tips Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi di bidang properti adalah sebuah investasi yang selalu memberikan keuntungan, akan tetapi investasi properti juga tidak memerlukan biaya yang sedikit. Bagi anda yang memiliki bisnis penyewaan properti, baik itu rumah kost atau rumah tinggal biasa, keuntungan bukanlah satu-satunya yang harus diperhatikan. Karena bangunan adalah investasi sekaligus tabungan di masa depan, menjaga nilainya tetap tinggi (bahkan naik) adalah hal yang tidak kalah pentingnya.

Memang menyewakan properti tidak se-rumit menjual sebuah properti. Menyewakan relatif lebih mudah, tetapi apabila tidak cermat dalam mengelolahnya, menyewakan properti juga memiliki banyak risiko yang dapat merugikan. Dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Ingin Investasi Properti ? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Ini

Atur Tampilan Ruangan

Salah satu rahasia terbesar untuk meningkatkan tingkat hunian dan nilai sewa adalah pada layout dan tata letak ruangannya. Semua aspek baik dari sisi desain, pemanasan ruang, pencahayaan bahka ventilasi harus datur sedemikian rupa untuk memberikan kesan nyaman bagi calon penyewa. Cara ini akan menekan biaya pengelolaan dan pencarian sewa yang tentu berujung pada hal yang memuaskan.

Beradaptasi dengan Tren

Sebelum datang penyewa, seorang investor properti komersial perlu memperhatikan tren yang akan muncul di masa kini atau masa depan. Cara ini dilakukan untuk memprediksi hal apa saja yang dibutuhkan konsumen atau penyewa di masa mendatang. Agar penyewa lama tetap setia, atau penyewa baru selalu berhasrat melanjutkan kontrak. Lalu satu hal yang harus diingat, hindarilah mengubah ruang sewa ketika sudah ada penyewa.

Jangka Waktu Sewa

Untuk jangka waktu sewa bermacam-macam akan tetapi hal yang lazim dilakukan untuk menyewakan properti adalah dengan sistem sewa per tahun. Khususnya properti rumah tinggal, banyak orang yang menyewakan dengan sistem per tahun. Menyewakan dengan sistem per tahun akan sedikit menyulitkan anda ketika anda anda akan menaikkan harga sewa sewaktu-waktu karena anda harus menunggu sampai tahun berikutnya. Selain itu, banyak juga yang gagal dalam mengelola perencanaan finansial dari penghasilan peroperti apabila dibayarkan dalam setiap tahun.

Menyewakan dengan sistem bulanan merupakan sistem sewa yang perlu anda pertimbangkan. Selain anda mempunyai kemudahan untuk menaikkannya sewaktu-waktu karena suatu hal, anda juga dapat dengan mudah mengalokasikan dana pada setiap bulannya untuk perawatan, asuransi dan hal-hal lainnya.

Utamakan Kenyamanan Fasilitas

Menurut sebuah studi di Australia, rata-rata orang selalu menghabiskan hampir 1.637 juta jam kerja per bulan di lingkungan kantor. Statistik ini menggambarkan pentingnya suasana kantor yang menjamin kepuasan dan produktivitas kerja. Kebahagiaan dan produktivitas sangat berperan dalam meningkatkan hunian bangunan dan hasil sewa. Maka dari itu, aspek-aspek fasilitas kenyamanan tersebut harus diperhatikan untuk membuat properti anda menjadi yang paling dicari konsumen di masa depan.

Selektif Kepada Calon Penyewa

Menyewakan properti juga mempunyai beberapa risiko termasuk diantaranya adalah menerima penyewa. Kita harus selektif kepada penyewa, memang hal yang sulit untuk melihat karakter dari seseorang tapi paling tidak kita harus selektif dalam memilih penyewa dengan mengetahui dengan pasti identitas dan tujuan dia menyewa properti kita.

Baca Juga : Tips Memulai Investasi Properti Kos-Kosan Agar Menguntungkan

Mengetahui identitas dan mempunyai data dengan jelas adalah tindakan pencegahan yang harus kita lakukan. Hal ini untuk menghindari apabila penyewa melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum, kita dapat menjadi informan bagi petugas hukum apabila diperlukan di samping itu mengetahui dengan jelas penyewa juga dapat menghindari penyalahgunaan kepada hal-hal yang negatif. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo