Ingin Investasi Properti ? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tertarik untuk investasi properti ? Memiliki properti yang disewakan merupakan langkah tepat untuk menambah pundi-pundi kekayaan anda. Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, investasi properti dianggap sebagai investasi yang dapat menghasilkan pengembalian yang menarik.

Meskipun perlu modal awal yang besar untuk mulai berinvestasi di real estat, banyak orang masih memilih untuk berinvestasi di properti. Namun, ini tidak berarti bahwa investasi properti adalah investasi dengan keuntungan besar tanpa risiko.

Oleh karena itu, sebelum memulai investasi properti, ada baiknya untuk anda memahami sejumlah hal yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan sebelum memulai investasi properti.

Pendapatan Rata-Rata dari Properti Sewaan

Penghasilan dari properti sewaan adalah penghasilan pasif. Pendapatan pasif berarti pendapatan yang diterima tanpa tindakan aktif. Properti sewa dapat digunakan sebagai sampingan karena tidak memerlukan manajemen yang rumit. Jadi, bahkan jika anda sibuk dengan pekerjaan utama, bisnis penyewaan ini akan terus beroperasi dan sebagai gantinya, dapat memberikan pendapatan pasif lebih cepat.

Perhatikan Lingkungan Sekitar Properti

Lingkungan atau lokasi dimana sebuah properti berada akan sangat mempengaruhi jenis penyewa yang akan menyewa. Jika lokasi properti yang dimiliki berada di sekitar universitas atau sekolah, maka para mahasiswa dan siswa yang bersekolah disana menjadi penyewa potensial.

Harga Sewa Properti

Harga yang ditentukan saat menyewa bangunan yang dibangun harus disesuaikan dengan harga pasar di wilayah tersebut. Jika harganya terlalu rendah, keuntungannya akan lebih kecil. Selain itu, penghasilan yang diperoleh mungkin tidak sebanding dengan pengelolaan atau pemeliharaan properti.

Baca Juga : Tips Memulai Investasi Kos-Kosan Agar Menguntungkan

Sementara itu, jika harganya terlalu tinggi, hal itu dapat mengurangi minat untuk menyewa properti yang telah dikembangkan. Namun, jika harga tinggi disertai dengan nilai tambah properti, itu akan sebanding dan akan menjadi daya tarik tersendiri.

Rencana Pengembangan di Masa Depan

Sebuah properti dianggap bernilai tidak hanya dilihat dari situasinya saat ini saja, tetapi juga rencana pengembangan di masa depan. Jika daerah tersebut akan dibangun gedung apartemen, mall, dan sekolah berkualitas, maka area tersebut bisa berpotensi memiliki pertumbuhan yang sangat baik.

Pengembangan di masa depan juga bisa berpotensi merugikan dan mempengaruhi daya saing properti anda. Misalnya saja adanya rencana untuk menghilangkan ruang terbuka hijau atau adanya perumahan baru yang berpotensi  memberikan persaingan untuk properti anda.

Biaya Pemeliharaan dan Perbaikan Properti

Investasi properti juga membutuhkan pemeliharaan agar kualitas properti tetap terjaga dan dapat memuaskan penggunanya. Selain itu, jika investasi properti dilakukan dengan membeli properti di muka, atau dengan tidak membangunnya sendiri, perbaikan umumnya harus dilakukan.

Baca Juga : Ingin Mulai Investasi Properti ? Kenali Dulu Jenis yang Paling Menguntungkan

Pajak Properti untuk Dibayar

Poin terakhir tentang elemen yang harus dipertimbangkan dalam investasi adalah pembayaran pajak. Setiap properti diatur oleh peraturan yang berlaku, karena tempat yang berbeda mengenakan jumlah pajak yang berbeda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo