Wajib Tahu! Ini Dia 5 Kesalahan Investasi Properti yang Sebaiknya Dihindari

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi properti bisa dibilang populer di kalangan investor. Banyak dari mereka yang ingin menanamkan dananya di sektor industri ini karena keuntungan yang terbilang lebih besar daripada instrumen lainnya.

Tapi berinvestasi di sektor properti ini terbilang tidaklah mudah. Jika salah perhitungan, bisa-bisa nilai properti yang diharapkan tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Tidak sedikit juga kesalahan investor properti yang berujung merugikan diri sendiri.

Nah bagi Anda yang ingin berinvestasi properti, berikut ini kami sediakan artikel mengenai kesalahan investasi properti. Jadi Anda bisa menghindarinya agar Anda tidak terjebak di dalamnya dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak Memili Tujuan Jangka Panjang

Berinvestasi tanpa rencana jangka panjang memiliki risiko kegagalan yang lebih tinggi. Selayaknya merencanakan sesuatu, Anda perlu pengindetifikasi tujuan utamanya terlebih dahulu.

Selain itu, riset dan survei mengenai harga pasar juga perlu dilakukan agar Anda tidak salah menentukan pilihan. Investasi properti akan lebih menguntungkan jika dapat bertahan secara jangka panjag, maka jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Baca Juga : Lebih Untung Mana, Bisnis Rumah Kontrakan atau Kost-Kostan?

Membeli di Lokasi yang Kurang Strategis

Tingginya kebutuhan tempat tinggal membuat investasi properti dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Harga tanah yang murah memang menggiurkan, nilai investasinya pada masa depan juga bisa meningkat berkali-kali lipat.

Namun, apabila lokasinya kurang strategis atau wilayah sekitarnya kurang potensial untuk berkembang, maka properti yang dibangun akan tetap sulit terjual. Sebaiknya, pilihlah kawasan yang ramai dan hidup, karena hal tersebut tentu akan membuat Anda lebih mudah menjual properti dengan harga terbaik.

Tidak Ada Estimasi Biaya

Banyak investor pemula yang kebingungan karena tidak membuat estimasi biaya. Padahal, tidak hanya investasi properti, investasi apapun harus direncanakan dengan baik. Jangan sampai Anda memulai investasi tanpa persiapan jangka panjang.

Paling tidak, Anda harus membuat estimasi biaya operasional dan keuntungan yang didapat. Anda harus tahu, berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk bisa balik modal nantinya.

Agar tidak salah estimasi biaya, Anda bisa menghitung nilai properti dalam dua tahun ke depan. Tidak hanya itu, Anda juga harus perhitungkan biaya tambahan.

Acuh Terhadap Aspek Legalitas

Salah satu aspek terpenting dalam properti adalah aspek legalitas karena itu berurusan dengan hak kepimilikan. Ada investor yang hanya emosi membeli sehingga tidak memperhatikan aspek legalitas properti yang ia beli. Malangnya, hal ini disadari ketika properti itu sudah berjalan. Jika izinnya tidak sah, tentu investor pula yang harus menanggung risikonya.

Bersikap Egois

Kesalahan investasi properti selanjutnya adalah bersikap egois. Terkadang, mungkin hal ini tidak disadari oleh para investor. Saat Anda melakukan investasi properti, Anda akan berhubungan dengan banyak pihak mulai dari agen, bank hingga tukang ledeng, listrik atau pipa. Maka dari itu, jauhi sifat buruk ini saat berinvestasi properti.

Baca Juga : Tinggal di Rumah atau Apartemen, Mana yang Terbaik?

Cobalah buat kompromi yang baik dengan mereka agar nantinya bisa berjalan mulus. Selain itu, Anda juga bisa mengasah kemamuan negosiasi Anda. Tidak menutup kemungkinan nantinya Anda harus pintar-pintar bernegosiasi perihal harga, agar investasi Anda di sektor properti dapat berjalan dengan efektif.

Nah itu dia tadi 5 kesalahan yang harus dihindari jika ingin berinvestasi di bidang properti. Selamat mencoba. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo