Cara Pintar Beli Rumah dengan Gaji Kecil

image

PropertiNews.id, Tangerang – Setiap orang pasti memiliki angat untuk memiliki rumah idaman. Apalagi kalau statusnya sudah berkeluarga, pasti semakin besar keinginan untuk membeli rumah. Tentu impian ini tidak hanya untuk mereka yang mempunyai gaji bulanan yang besar, tetapi juga bagi sebagian orang yang memiliki penghasilan kecil.

Jangan khawatir, karena saat ini memiliki gaji kecil atau standar, anda tetap bisa mulai mencicil aset rumah. Namun kapan waktu yang tepat untuk beli rumah? jawabannya adalah saat ini. Ada tips atau cara pintar yang dapat dilakukan untuk bisa mengelola gaji bulanan dengan baik agar dapat membeli rumah dengan cicilan yang tidak memberatkan. Berikut ini beberapa cara pintarnya.

Menabung Saat Awal Gajian

Untuk yang berencana mencicil rumah atau mobil, sebaiknya menabung terlebih dahulu. Tujuan menabung ini agar beban angsuran tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka yang besar. Bisa juga digunakan untuk dana situasi diluar dugaan atau darurat.

Hal yang perlu diingat bahwa bank hanya akan membantu angsuran sejumlah 70 hingga 80 persen dari nilai appraisal rumah. Oleh karena itu, anda perlu menyiapkan 20 hingga 30 persen sebagai uang muka atau down payment ini. Selain itu, masih banyak juga biaya-biaya yang harus dipersiapkan seperti biaya notaris dan pajak.

Tentukan Harga Rumah Impian

Menentukan harga rumah yang akan dibeli dengan KPR sangatlah penting. Sebab anda harus bisa menyesuaikan angka kredit dengan kemampuan gaji setiap bulannya. Harga rumah yang ingin dibeli akan menentukan bersarnya tingkat cicilan per bulan.

Baca Juga : Ingin Membeli Rumah Lelang ? Simak Dulu Strategi Pintar Ini

Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menyiasati masalah ini yaitu mengambil jangka waktu panjang dalam pembayaran kredit, seperti 15 tahun, agar bisa menyesuaikan banyaknya uang yang harus dibayar dengan kemampuan anda.

Cari KPR Bunga Rendah

Nah, ini adalah salah satu hal terpenting bila akan mengajukan KPR. Anda harus mengetahui dengan cermat besaran bunga yang ditawarkan dari produk KPR bank. Tiap-tiap bank menawarkan suku Bunga KPR yang berbeda-beda, jadi pilihlah KPR dengan bunga yang paling rendah. Suku bunga KPR yang rendah akan mempengaruhi jumlah cicilan setiap bulannya. Pembeli dapat lebih ringan membayar angsuran apabila suku bunga KPR nya rendah.

Menghitung Jangka Waktu

KPR ada yang diberikan paling cepat adalah 10 tahun dan paling lama adalah 25 tahun. Agar tidak terlalu lama mencicil rumah dikarenakan semakin lama kebutuhan juga akan meningkat, anda harus mengambil jangka waktu KPR antara 10 tahun sampai dengan 15 tahun lamanya. Perhatikan beberapa jumlah cicilan yang bisa anda bayar setiap bulannya. Untuk bisa mengetahui kemampuan anda dalam membayar cicilan adalah anda bisa mengurangi pengeluaran tetap anda setiap bulannya.

Beli Rumah Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli rumah, sebaiknya anda mengetahui harga, jenis, dan tipe rumah yang akan dibeli. Artinya, anda dituntut untuk membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Segera Lunasi Biaya Administrasi

Jangan sampai Anda menunda pelunasan biaya administrasi KPR yang diajukan dalam waktu lama. Sebab, semakin cepat biaya administrasi dilunasi, maka beban KPR Anda juga semakin ringan. Nah, jika strategi di atas sudah mampu Anda penuhi, maka sudah siap secara finansial dan mental untuk mulai mengajukan KPR.

Baca Juga : Tips Hemat Membangun Rumah Impian dengan Dana Terbatas

Membeli rumah dengan hasil jerih payah sendiri akan lebih membanggakan terlebih lagi rumah bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Anda bisa melalukan beberapa cara beli rumah dengan gaji kecil seperti yang sudah disebutkan diatas agar keinginan anda cepat terwujud. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo