Millenials! Ini Dia Tips Jitu Punya Rumah!

image

PropertiNews.id, Tangerang –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat ada 81 juta milenial yang belum memiliki hunian. Tingginya harga rumah membuat banyak generasi milenial patah arang soal memiliki rumah sendiri.

Namun sebenarnya ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan oleh generasi milenial jika ingin memiliki rumah. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, berikut ini kami berikan artikelnya untuk Anda.

Menabung untuk Down Payment (DP)

Untuk membayar down paymenttentu saja Anda harus menyiapkan dana. Uang tersebut dapat dikumpulkan melalui produk tabungan berjangka yang kini disediakan oleh perbankan. Tabungan rutin berjangka setiap bulan ini membuat Anda jadi konsisten menabung. Selain itu, jangka waktunya pun dapat disesuaikan dengan tujuan menabung dan suku bunga yang diberikan cukup tinggi. Tak hanya tabungan berjangka, masih banyak instrumen lain untuk menabung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Sehingga pada saatnya membeli rumah, kamu sudah siap.

Baca Juga : Ini Dia Trik Mudah Mengubah Ruangan Gelap Agar Terlihat Lebih Cerah!

Meriset Harga Rumah Sebelum Membelinya

Bukan cuma riset sebelum membeli barang online saja, Anda juga wajib mengetahui harga pasaran rumah yang berada di lokasi tempat tinggal Anda nantinya. Tujuannya, agar Anda tidak rugi dan tertipu dengan harga beli hunian tersebut. Karena itu, sebelum menandatangani kontrak perjanjian Anda harus melakukan survei terlebih dahulu.

Maksimalkan Fasilitas KPR Jangka Panjang

Dari dulu pasti Anda mengenal tentang fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang disediakan beberapa bank di tanah air untuk membeli rumah. Ada baiknya Anda memanfaatkan layanan itu sebagai cara mencicil rumah jika Anda belum punya cukup uang.

Biasanya pihak bank akan memberikan durasi cicilan yang lumayan panjang mulai dari 20 hingga 30 tahun untuk Anda yang berusia muda. Program tersebut memang dibuat untuk membantu masyarakat Indonesia yang memiliki pemasukan yang terbilang tidak terlalu besar.

Pertimbangkan Lokasi

Saat Anda memutuskan memilih rumah, hal penting adalah nominal gaji tahunan Anda yang disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan Anda sehari-hari. Saat Anda berusaha menghemat uang Anda untuk membeli rumah, ada baiknya jika Anda dapat mempertimbangkan kebutuhan rumah yang lebih kecil.

Pilihlah lokasi-lokasi yang sedikit jauh dari perkotaan, tetapi akses seperti rumah sakit, transportasi, dan sekolah tersedia tidak jauh dari kawasan Anda. Selanjutnya, pertimbangkan untuk membeli rumah subsidi dari pemerintah atau perumahan yang memberikan keringanan biaya.

Baca Juga : Bingung Kenapa Harga Hunian di Jakarta Mahal? Ini Dia Penyebabnya

Jangan Menunda, Sesuaikan dengan Kemampuan

Jangan pernah menunda rencana untuk membeli rumah. Minimal jika belum bisa langsung membelinya sekarang juga, tabunglah biaya khusus untuk membeli rumah tersebut sedini mungkin. Ada baiknya cepat-cepatlah membeli properti karena harga properti setiap tahunnya mengalami kenaikan. Untuk itu sesuaikan rumah impianmu dengan kemampuan, dalam hal ini jadilah sosok yang realistis. Memang tidak ada hunian yang seratus persen sempurna namun akan selalu ada solusi terbaik jika kita cermat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalkan, tidak apa-apa untuk membeli rumah di pinggiran kota asalkan dekat dengan fasilitas transportasi, atau jika memang kebutuhan mendesak membuat Anda harus tinggal di pusat kota pilihlah apartemen. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo